Banyak Menyambut Tahun Baru 2017, Tapi Tahun Baru Tak Selalu Tanggal 1 Januari

Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Budaya yang mempunyai kalender tahunan semuanya mempunyai perayaan tahun baru.

Siapa bilang tahun baru selalu jatuh pada tanggal 1 Januari? Jangan salah sangka dulu, mentang-mentang sebentar lagi merupakan pergantian tahun dari 2016 ke 2017. Kalian kemudian lupa dengan thaun baru yang lainnya. Namun sayangnya perayaan tahun baru masehi ini lebih meriah dari tahun baru yang lainnya.

Tahun baru islam
1. Tahun baru Imlek

Tanggal tahun baru Imlek berubah setiap tahun. Tetapi umumnya jatuh antara 21 Februari hingga 21 Junuari. Tahun Baru mendatang akan dirayakan pada 28 Jan 2017. Hal ini tergantung pada saat bulan baru dari bulan lunar pertama jatuh. Di Cina, akan dirayakan 15 hari sebagai "Festival Musim Semi."

2. Tahun baru Yahudi

Rosh Hashanah adalah Tahun Baru Yahudi. Hal ini dirayakan pada dua hari pertama dari bulan ketujuh Kalender Ibrani. Ini adalah saat ketika mereka melihat kembali dan mengintrospeksi kesalahan yang mereka lakukan. Mereka makan apel yang dicelupkan dalam madu sebagai tanda tahun baru yang manis.

3. Tahun baru Islam

Juga dikenal sebagai tahun baru Hijriah. Dirayakan pada hari pertama bulan Muharam. Beberapa doa khusus dipanjatkan pada hari ini, oleh umat muslim di masjid.

4. Tahun baru Thailand

Tahun baru ini juga dikenal sebagai Songkran yang dirayakan dari 13-15 April. Pada hari ini mereka membuang wadah air. Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa tahun baru akan membawa hujan yang baik. Patung-patung Buddha dan gambar dibersihkan untuk keberuntungan dan integritas.

5. Tahun baru Ethiopia

Tahun baru ini dirayakan pada 11 September atau 12 September dalam kalender kabisat. Hal ini juga disebut Enkutatash yang berarti "karunia Jewels". Orang merayakan musim semi hari ini dengan sangat antusias oleh menyanyi dan menari. Karena yang terdekat adalah Tahun Baru Masehi jadi mari kita rayakan dulu kemeriahannya!

Baca Juga:
  1. Inilah Profesi 4 Teroris Yang Tertangkap di Puri Serpong
  2. Wanita Inilah Yang Paling Di Takuti Kelompok ISIS
  3. Tak Terima Ditilang Pegawai MA Ini Hajar dan Cakar Petugas Lalu Lintas di Jatinegara
  4. 7 Barang Yang Kamu Inginin, Tapi Kamu Selalu Mikir Ribuan Kali Untuk Membelinya
  5. 7 Mata Uang di Beberapa Negara Ini Paling Sulit Untuk di Palsukan!
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.