Doyan Pedas!, Berikut Manfaat Doyan Pedas Bagi Kesehatan

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

Hobi makan pedas? Riset membuktikan bahan makanan pedas keluarga cabai dan rempah-rempah memberi sejumlah manfaat kesehatan. Selain mencegah flu, masih banyak manfaat lainnya.

1. Mengurangi Berat Badan

Ilustrasi
Rasa panas yang ‘nendang’ dalam cabai berasal dari kandungan capsaisin. Menurut "The New York Times", makan hidangan pedas dapat meningkatkan metabolisme hingga 8 persen dan membakar kalori. Tapi hati-hati jangan malah jadi kebanyakan makan, karena selera makan bertambah akibat sengatan sambal.

2. Membuat Jantung Jehat

Ilustrasi
Capsaisin bahan aktif yang ditemukan dalam jalapeƱos, cabai rawit dan cabai merah menurunkan kolesterol jahat, dan berdaampak positif meningkatkan fungsi jantung. Menurut penelitian yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, capsaisin juga melancarkan aliran darah dalam pembuluh.

3. Tambahan Nilai Gizi

Ilustrasi
Membubuhkan cabai segar dalam makanan membantu konsumen mencapai asupan harian vitamin dan mineral yang cukup. Menurut USDA National Nutrient Database, paprika hijau dan merah memiliki berbagai mineral penting dan tingkat vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat mengurangi risiko flu dan dapat membantu mencegah kanker serta penyakit jantung.

4. Melawan Kanker

Ilustrasi
Selain membantu memicu produksi keringat, beberapa rempah-rempah mengandung antioksidan pelawan kanker yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel tumor. Beberapa bahan makanan pedas memiliki potensi anti-kanker. Riset American Cancer Society menunjukkan bahwa capsaisin dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

5. Mengatasi Flu

Ilustrasi
Unsur aktif capsaisin dalam cabai bisa membantu melancarkan jalan pernafasan, membuat lega hidung tersumbat, mencegah sinusitis dan gejala flu lainnya yang mengganggu.

Baca Juga :
  1. 8 Tips Belajar Mengatakan Tidak Agar Kamu Tidak Menyiksa Diri Sendiri!
  2. Beginilah Pengaruh Tinta Tato Pada Kesehatan Tubuh Manusia
  3. Jangan Cemas! Masa Sulit Justru Mendewasakan Dirimu!
  4. Terinspirasi Cara Rasulullah Berdagang, Tip Top Menjadi Pasar Swalayan Bertema Islami Yang Sukses
  5. Inilah Video Detik-detik Penembakan Duta Besar Rusia Saat Berpidato di Sebuah Galeri Seni Kota Ankara

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.