Hindari 5 Makanan Berikut Saat Perutmu Kosong! Karena Bisa Menyebabkan Diare

Diare (bahasa Inggris: diarrhea) adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Biasanya saat pagi hari kamu sarapan dengan menu yang seadanya atau yang hanya kamu inginkan. Apalagi jika kamu ingin pergi berolah raga, sewaktu perut kosong dan kamu biasanya meminum kopi atau makanan yang pedas. Tapi ternyata itu membuat perutmu tak tahan dan dapat menyebabkan diare. Yuk langsung saja simak, apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kamu kosong.

Mengkonsumsi makanan
Kopi

Siapa yang tidak suka dengan kopi? Bisa dipastikan bahwa semua orang suka dengan kopi. Rasanya yang khas dan aromanya yang wangi membuat kopi disukai oleh hampir semua orang. Tapi tahukah kamu, konsumsi kopi di saat perut masih kosong bisa meningkatkan risiko masalah diare. Tak hanya itu saja, konsumsi kopi saat perut masih kosong juga dikaitkan dengan risiko maag yang lebih tinggi. Kandungan kafein dan zat asam di dalam kopi dipercaya mampu mengiritasi lapisan lambung jika ia dikonsumsi saat lambung atau perut masih kosong.

Makanan Pedas

Buat kamu yang sangat suka dengan makanan pedas, usahakan untuk senantiasa hati-hati saat konsumsi makanan pedas. Jangan sampai, kamu konsumsi makanan pedas ketika perut atau lambung masih kosong. Konsumsi makanan pedas saat lambung masih kosong bisa meningkatkan risiko diare yang sangat tinggi. Ini juga bisa menyebabkan nyeri perut dan perut kembung.

Buah Jeruk

Memang, buah jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan sangat baik buat kesehatan. Tapi, konsumsi buah jeruk di saat perut masih kosong justru sangat berbahaya dan bisa meningkatkan risiko diare. Zat asam yang sangat tinggi di dalam buah jeruk dipercaya mampu mengiritasi lapisan lambung dan mengacaukan sistem pencernaan jika ia dikonsumsi saat perut masih kosong.

Produk Olahan Susu

Walaupun susu dan olahannya dikatakan sangat baik buat sistem pencernaan dan kesehatan tubuh, konsumsi susu juga olahannya di saat perut masih kosong justru bisa menyebabkan diare. Hal ini mengingat bahwa susu maupun olahannya khususnya yogurt bersifat meningkatkan zat asam lambung. Ini juga bisa menyebabkan perut kembung dan nyeri.

Soft Drink

Buat kamu yang hobi konsumsi soft drink, pastikan untuk mulai mengurangi hobi tersebut. Peneliti menyebutkan bahwa soft drink tak hanya meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan karena ia mengandung pemanis buatan yang tinggi. Lebih jauh, soft drink juga bisa meningkatkan risiko diare dan masalah kesehatan pada sistem pencernaan. Apalagi, jika soft drink ini dikonsumsi saat perut masih kosong dan belum terisi oleh makanan apapun.

Dan itulah beberapa makanan yang dipercaya bisa menyebabkan masalah diare jika ia dikonsumsi saat perut masih kosong. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga dipercaya bisa menyebabkan risiko diare adalah buah tomat, bir, kacang-kacangan dan makanan berlemak. Agar kita terhindar dari masalah diare, pastikan untuk mengatur pola makan dengan baik dan hindari konsumsi makanan di atas saat perut masih kosong. 

Baca Juga:
  1. Walaupun Dia Kembali Kepadamu, 6 Hal Ini Membuktikan Dia Tak Pantas Untukmu
  2. Pemandangan Unik, Lihat Gedung Asrama Ini Berubah Menjadi Sarang Jemuran
  3. Menjijikan, Ada Belatung di Dalam Makanan Cepat Saji Ini
  4. 6 Tanda Bahwa Orang di Sekelilingmu Psikopat!
  5. Misteri Kabut Pembunuh Lebih Dari 12.000 Orang di Kota London
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.