Hindari Makanan Ini! Agar Batuk Kamu Cepat Sembuh!

Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru

Batuk bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Mulai dari alergi, flu, polusi, asap rokok, dan makanan yang dikonsumsi. Kenali penyebab sakit batuk yang kamu rasa untuk bisa mendapatkan obat yang tepat. Juga sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman ini agar bisa cepat sembuh.

Ilustrasi BAtuk
Susu

Dahak merupakan lendir yang tebal dan lengket berasal dari bagian belakang tenggorokan disebabkan oleh alergi atau flu. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com,kalau batuk yang kamu derita disertai lendir, hindari makanan yang bisa menyebabkan munculnya lendir. Protein dalam susu yang muncul saat dicerna bisa menyebabkan produksi lendir berlebih di usus.

Susu dan jenis makanan berbahan dasar susu bisa memiliki efek samping meningkatnya produksi lendir di saluran pernapasan, termasuk tenggorokan dan paru-paru, terlebih jika sudah terjadi peradangan atau infeksi. 

Kafein

Kalau sakit batuk disebabkan oleh pilek atau flu, dokter akan menyarankanmu untuk lebih banyak minum. Hanya saja yang sebaiknya diminum adalah air putih. Bukan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, atau minuman bersoda. Minuman berkafein memiliki efek diuretik (pendorong produksi air seni) sehingga malah bisa meningkatkan intensitas buang air kecil dan membuat tubuh dehidrasi.

Makanan Olahan

Apa sajakah jenis makanan olahan itu? Beberapa di antaranya adalah keripik, ragam camilan dalam kemasan, pasta, dan roti. Saat sakit, sistem kekebalan tubuh harus bisa dijaga dengan baik. Dengan menjaga pola makan dan tak sembarangan mengonsumsi makanan olahan, maka tubuh jadi akan mempercepat proses sembuhnya.

Buah Mangga, Pisang, dan Jeruk

Buah-buahan yang mengandung asam bisa menyebabkan acid reflux, sehingga bisa memperparah kondisi tenggorokan dan memicu batuk. Buah mangga, pisang, dan jeruk sebaiknya dihindari karena memiliki tekstur berlendir dan mengandung getah yang bisa membuat batukmu makin parah bila dikonsumsi. Saat batuk, buah yang sebaiknya dipilih adalah yang kandungan airnya banyak seperti semangka dan jenis buah pir tertentu.

Saat batuk, tetap penting untuk mencukupi kebutuhan gizi. Makanan yang baik dikonsumsi saat sedang batuk antara lain sup hangat, sayuran yang mengandung vitamin C seperti brokoli dan tomat, dan pastinya juga minum air putih hangat yang cukup.

Baca Juga:
  1. 9 Penyakit Ini Akan Mengintai dan Menyerang Bagi Orang Yang Malas Untuk Berolahraga
  2. Panggilan "Sayang" di Setiap Negara Ternyata Beraneka Ragam lho!
  3. Hati-Hati, Ini 5 Tanda Prangkeasmu Bermasalah
  4. Fenomena Om Telolet Om Yang Menjadi Viral di Kalangan Masyarakat Indonesia dan Selebriti Dunia
  5. Deman Om Telolet Om, Michael Ballack dan Marc Marquez Malah Kebingungan #omteloletom Trending di Twitter
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.