Inilah Ciri Fisik Dari Ya'juj dan Ma'juj

Ya'juj dan Ma'juj berasal dari bahasa Arab. Ya'juj yang berakar kata "ujaaj" (أُجَاجٌ) yang berarti mengering kemudian mengeras, dan satu lagi dari kata "al ajj" (الْأَجُّ) yang artinya ketika musuh datang dengan cepat sekali, sedangkan Ma`juj berasal dari kata "maaja" (مَاجَ) yang berarti goncang. Sedangkan menurut Abu Hatim, ma'juj berasal dari maaja, yaitu kekacauan. ma'juj berasal dari mu'juj, yaitu malaja. Namun, menurut pendapat yang sahih, Ya'juj dan Ma'juj bukan isim musytaq, melainkan isim 'Ajam dan Laqab (julukan). Setiap dari akar kata ini memiliki kesesuaian dengan sifat kaum Ya`juj dan Ma`juj tersebut.

Menurut para ulama, jadi Ya'juj dan Ma'juj memiliki arti mengering dan mengeras secara natural dan ketika mereka datang dengan cepat serta tergesa-gesa, membuat keadaan goncang kemudian tidak ada orang yang sanggup menghadapi mereka, maka harus lari dari mereka.

Ilustrasi Ya'juj dan Ma'juj
Sifat mereka dikatakan sangat keras, kasar, biadab, sombong, gigih, senang berperang, merampok, membunuh, merusak, memperkosa korbannya dan mereka tidak menyukai umat (bangsa) selain mereka sendiri. Kesombongan mereka digambarkan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad, ketika mereka telah berhasil membunuh seluruh penduduk bumi, maka mereka melemparkan anak panah dan tombak keatas awan, kemudian mereka beranggapan bahwa mereka telah berhasil membunuh penduduk langit (para malaikat), karena anak panah dan tombak mereka kembali dengan berlumuran darah.

Ya`juj dan Ma`juj ketika keluar tidaklah melewati sesuatu kecuali dirusaknya. Tidaklah melewati danau kecuali meminumnya hingga habis. Tidaklah mendapati manusia kecuali dibunuhnya sampai ketika mereka merasa menang membantai seluruh penduduk bumi, dia menantang penduduk langit. Inilah kesombongan yang luar biasa dari Ya`juj dan Ma`juj. “Kemudian mereka berjalan dan berakhir di gunung Khumar, yaitu salah satu gunung di Baitul Maqdis. 

Kemudian mereka berkata: “Kita telah membantai penduduk bumi, mari kita membantai penduduk langit.” Maka mereka melemparkan panah-panah dan tombak-tombak mereka ke langit. Maka Allah subhanahuwata’ala mengembalikan panah-panah dan tombak-tombak mereka dalam keadaan berlumuran darah.” (Hadits riwayat Muslim dalam kitab Al-Fitan wa Asyrathus Sa’ah).


Ya’juz dan Ma’juz adalah orang yang akan muncul di akhir zaman. Mereka senantiasa membuat kerusakan di muka bumi. Mereka memiliki ciri-ciri fisik yang khusus.


Dunia ini semakin hari, tidak lagi bersahabat. Banyak sekali kehancuran, kebohongan, pengkhinatan juga penyimpangan-penyimpangan sosial yang terjadi. Apakah ini yang dinamai dengan tanda akhir zaman? Wallahu ‘alam.

Namun yang pasti, menjelang berakhirnya alam semesta ini, akan tiba sosok manusia yang membuat kerusakan di muka bumi. Siapakah mereka? Di antara perusak yang muncul di akhir zaman ialah Ya’juz dan Ma’juz. Seperti apa ya ciri-ciri mereka?

Khalid bin Abdillah ibn Harmalah menyampaikan dari bibinya yang menuturkan, suatu ketika Rasulullah ﷺ menyampaikan khutbah. Saat itu kepala beliau dibalut perban karena disengat kalajengking.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Kalian mengatakan tidak ada musuh. Sungguh, kalian akan terus berperang hingga Ya’juz dan Ma’juz keluar. Mereka berwajah lebar, bermata kecil, dan berambut hitam kemerah-merahan. Mereka turun dengan sangat cepat dari seluruh tempat yang tinggi, dan wajah mereka seperti perisai cembung yang tebal.”

Warna rambut mereka hitam kemerah-merahan, dan wajah mereka diperumpamakan oleh Rasulullah ﷺ dengan perisai cembung yang tebal. Mengapa? Karena bentuknya yang bulat dan padat berlemak.

Walaupun mereka dari jenis manusia, namun mereka memiliki sifat khas yang berbeda dari manusia pada umumnya. Ciri utama mereka adalah perusak dan jumlah mereka yang sangat besar, sehingga ketika mereka turun dari gunung seakan-akan seperti air bah yang mengalir, tidak pandai berbicara dan tidak fasih, bermata kecil (sipit), berhidung kecil, lebar mukanya, merah warna kulitnya seakan-akan wajahnya seperti perisai dan sifat-sifat lain.

Mereka nanti akan keluar dan turun dari seluruh tempat yang tinggi. Lalu, menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat.

Baca Juga :
  1. Inilah 5 Proyek Terlama Pengerjaannya dan Memakan Dana Yang Amat Fantastis
  2. Waspadalah! 18 Tanda Jika Kamu Seorang Stalker
  3. Video Deep Web, Inilah Berbagai Macam Video Menyeramkan Yang Terdapat Pada Deep Web
  4. Subhanallah, Tanda Kiamat Sudah Mulai Muncul Di Tanah Jazirah Arab
  5. Viral di Sosial Media, Tak Disangka Tukang Es Asal Banten Ini Sangat Mirip Dengan Sule

(Ref: sandk, catatansandk.com, islampos.com, Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.