Ketika SMS, Jangan Pernah Memberi Tanda Titik di Ujung Tulisan! Ini Alasannya

SMS adalaha Short Message Service (SMS) adalah suatu fasilitas untuk mengirim dan menerima suatu pesan singkat berupa teks melalui perangkat nirkabel, yaitu perangkat komunikasi teleon selular, dalam hal ini perangkat nirkabel yang digunakan adalah telepon selular

Biasanya sebagian orang mengetikan pesan singkat tanpa memperhatikan peulisannya. Ada yang secara sengaja menambahkan tanda titik di akhir pesan singkat, dan sebagian lagi tidak sengaja menambahkan tanda titik.

Ilustrasi Mengetik Pesan Singkat
Menurut tata cara penggunaan bahasa tertulis yang baik, kamu disarankan untuk mengakhiri kalimat dengan tanda baca. Untuk bertanya, gunakan tanda tanya dan untuk perintah, gunakan tanda seru. Sementara itu, untuk mayoritas kalimat lainnya, gunakan titik. Namun, aturan ini tidak berlaku dalam komunikasi pesan singkat. Sebab, menggunakan titik dalam pesan singkat membuat kamu terlihat tidak ramah atau bahkan sarkastik.

Hal ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang dipimpin oleh Celia Klin dari Birmingham University. Para peneliti menemukan bahwa mengakhiri pesan singkat dengan titik dinilai tidak tulus dan tidak ramah. Untuk mempelajari hal ini, para peneliti meminta 126 mahasiswa untuk menilai dua bentuk dari percakapan yang sama dalam dua media berbeda, memo yang ditulis tangan dan pesan singkat.

Ternyata, para responden menilai jawaban yang diakhiri dengan titik kurang tulus bila dibandingkan dengan jawaban tanpa titik. Namun, efek ini tidak terdeteksi ketika media yang digunakan adalah memo yang ditulis tangan. Menurut Klin, tanda titik dalam pesan singkat tidak hanya sekadar tanda baca, tetapi juga aksi penyerangan psikologi terhadap teman. Di sisi lain, tanda seru yang biasanya dianggap negatif malah membuat pesan singkat Anda tampak lebih tulus.

“Pesan singkat tidak mempunyai banyak petunjuk sosial yang digunakan dalam percakapan langsung. Ketika berbicara, orang-orang bisa dengan mudah menunjukkan informasi emosi dan sosial dengan mata, ekspresi, nada bicara, dan lain-lain,” jelas Klin.

Dia melanjutkan, “Tentu mekanisme ini tidak dapat digunakan dalam pesan singkat. Oleh karena itu, pengguna pesan singkat mengandalkan hal-hal yang tersedia seperti emoji, kesalahan mengeja yang disengaja, dan tanda baca.”

Lauren Collister, seorang peneliti komunikasi, menambahkan bahwa penggunaan tanda titik dalam pesan singkat membuat pengirim terlihat terlalu formal.

“(Tanda titik dalam pesan singkat) terkesan seperti berbicara dengan formal di lingkungan yang kasual seperti bar,” pungkasnya.

Baca Juga:
  1. Bagi Kamu Yang Sering Putus Cinta, 6 Lagu Raisa Ini Bisa Membuatmu Lebih Tegar!
  2. Sering Menangis Karena Film Sedih, Namun Tidak Pernah Menangis Karena Allah
  3. Akan Hadir Emoticon Wanita berhijab di Pertengahan Tahun 2017
  4. Ketika Semuanya Berlalu Begitu Cepat Bahkan Kamu Tetap Stuck Di Tempat!
  5. Ini Alasannya Bahwa Perempuan Penting Sekali Yang Namanya Berpendidikan Tinggi!
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.