Saat Mencuci Wajah, Sebaiknya Menggunakan Air Hangat Atau Air Dingin?

Perawatan wajah atau facial adalah prosedur perawatan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah manusia. Masalah kulit wajah ini dapat berkaitan dengan tekstur, tekanan sel, warna, dan kesehatan secara keseluruhan, sementara prosedur yang dilakukan dapat mencakup pembersihan, eksfoliasi, penghilangan komedo, pemberian masker kecantikan, pemijatan, dan pemberian nutrisi.

Apakah kamu pernah dengar mitos kalau mencuci wajah dengan air dingin bisa mengencangkan kulit? Atau mencuci wajah dnegan air panas bisa membuka pori-pori kulit? 

Ilustrasi cuci muka
Ternyata kedua mitos tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Belum ada bukti ilmiah khusus yang mengatakan hal tersebut. Lantas suhu seperti apa yang cocok untuk membersihkan kulit wajah? Kulit wajah memang lebih sensitif ketimbang kulit tubuh yang lain.

Sebagian ahli kecantikan merekomendasikan untuk mebersihkan wajah dengan air hangat suam-suam. Selain membersihkan wajah, air ini juga dipercaya cocok untuk membersihkan kosmetik. Air hangat lebih baik dari pada air dingin karena dapat mengurangi kotoran dan sisa kosmetik.

Selain itu air hangat juga dapat membuat kulit rileks. Namun jika air yang digunakan terlalu panas, maka kulit wajah dapat melepuh, iritasi, dan bahkan menjadi kering. 

Dr. Jeffrey Dover, seorang dermatolog dari Boston sekaligus co-director SkinCare Physicians mengungkapkan bahwa air hangat bisa membersihkan wajah lebih mudah daripada air dingin. Tapi perlu berhati-hati lagi karena kalau suhu air terlalu panas, maka kulit bisa iritasi dan pembuluh darah pun bisa pecah.

Selain itu air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak baik pada wajah yang sehat untuk kulit kita. Dengan kata lain, pilihlah air dengan suhu yang sedang untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan pada kulit kita.

Baca Juga:
  1. Video Detik-detik Gempa Aceh 6.5 SR "Pidie Jaya", Warga Terlihat Berhamburan Ke Jalan
  2. Inilah 7 Negara Dengan Tingkat Perselingkuhan Tertinggi di Dunia!
  3. Saat Anda Tersedak, Lakukan Hal Ini!
  4. Isu Makar Gulingkan Pemerintahan, Apa Yang Dimaksud Dengan Makar? Berikut Pengertiannya
  5. Subhanallah, Aktor Hollywood dan Pemenang Academy Award Ini Sebut Adzan Sebagai Suara Paling Indah di Dunia
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.