Ternyata Ini Dahsyatnya Bom Panci Yang Sudah Pernah Meledak di 3 Negara

Bom adalah alat yang menghasilkan ledakan yang mengeluarkan energi secara besar dalam rentang waktu singkat. Kata bom berasal dari bahasa Yunani βόμβος (bombos), sebuah istilah yang meniru suara ledakan 'bom' dalam bahasa tersebut.

Ledakan yang dihasilkan bom dapat menyebabkan kehancuran dan kerusakan terhadap benda mati dan benda hidup disekitarnya, yang diakibatkan oleh pergerakan tekanan udara dan pergerakan fragmen-fragmen peledak yang terdapat di dalam bom, maupun serpihan fragmen benda-benda disekitarnya. Selain itu, bom juga dapat membunuh manusia hanya suara yang dihasilkannya saja. Bom telah dipakai selama berabad-abad dalam peperangan konvensional maupun non-konvensional.

Bom panci yang saat ini sangat ramai diperbincangkan oleh seluruh khalayak di dunia. Bom panci ini juga ramai di bahas netizen di media sosial.
Bom Panci
Detasemen Khusus Antiteror Markas Besar Kepolisian RI sempat bom panci di sebuah rumah kos di jalan Bintara Jaya, Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu pekan lalu.

Bom panci ini diketahui memiliki daya rusak yang cukup para. Ledakannya bisa mencapai radius 300 meter.

Seperti dilansir detik.com, bom panci ini pernah digunakan oleh pelaku teror di Afghanistan, Pakistan, Nepal dan Amerika Serikat. Panci yang digunakan bukan jenis biasa melainkan jenis yang memiliki daya tekan seperti panci presto.

Cara membuat bom panci ini pernah dijelaskan oleh Al Qaeda. Bahan yang digunakan cukup sederhana dan cara merakitnya pun cukup simple. Namun, efek yang dihasilkan cukup mematikan loh.

Baca juga : Isi Surat Wasiat Tersangka Teror Bom Istana ke Suaminya ini Bikin Heboh Media Sosial. Mau Tahu Seperti Apa Isinya

Itulah sebabnya kenapa bom panci ini sangat sering digunakan di kalangan pelaku teror.

Kamu harus tahu jika bom panci ini pernah digunakan teroris saat menyerang sebuah kereta di Mumbai, India pada 11 Juli 2006. Ada sekitar 209 orang tewas dan 714 lainnya terluka.

Lalu, pada 15 April 2013, bom panci diledakan di arena lomba Maraton di Boston Amerika Serikat oleh dua  imigran asal Chechnya, Tsarnaev bersaudara.  Akibatnya, tiga orang tewas dan 264 mengalami cacat permanen.

Baru-baru ini bom panci kembali digunakan oleh elaku teror pada 17 September 2016 sekitar pukul 20.30 di 23rd Street dan Sixth Avenue di kawasan Chelsea, Manhattan.

Polisi yang mengecek lokasi kejadian menemukan sebuah perangkat berupa panci tekanan tinggi atau panci presto  yang ditempeli sejumlah kabel dan sebuah telepon genggam.

Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.