5 Fakta Berbahaya di Balik Usb Type-C

Perkembangan teknologi semakin pesat. Salah satu produk teknologi yang hingga kini mendapat sorortan tentu tak lain dan tak bukan adalah sebuah smartphone.

Beragam inovasi yang terbilang pesat jadi salah satu alasannya. Mulai dari desain layar lengkung, teknologi pemindai mata, dan bahkan salah satunya adalah munculnya USB Type-C.

Meski sudah lama muncul, ternyata tak banyak orang yang mengenal fitur ini. USB Type-C merupakan sebuah kabel data maupun charging yang memiliki desain terbaru dan dinilai memiliki kemampuan mengisi daya dan tranfer file yang jauh lebih cepat dari standar kabel biasa.

Belum lagi desain dari port yang satu ini juga sangat fleksibel dan efisien. Mau kalian tancap dapa perangkat smartphone secara terbalik-balik pun tak jadi masalah.

Pasalnya, jenis USB yang satu ini memiliki desain berbentuk oval yang dapat kalian gunakan secara terbolak-balik.
Meski begitu, ada beberapa hal yang membuat jenis USB yang satu ini jadi sorotan lho! Ada beberapa fakta mengejutkan mengenai USB Type-C yang mesti kalian ketahui. Dilansir dari AndroidCentral, berikut lima hal mengenai USB Type-C yang mesti diketahui oleh semua pengguna gadget di seluruh dunia.

1. Fast Charging
Fast Charging
Fitur ini tentu sangat membantu bagi kalian yang sangat mobile dengan menggunakan smartphone sehari-hari.

Berbagai produsen prosesor pun juga membekali ponsel-ponsel bawaan mereka dengan fitur ini.

Namun hal berbahaya justru timbul jika kalian tak menggunakan kabel asli dari smartphone kalian pada saat melakukan pengisian daya.

Produk lain bisa saja memiliki kemampuan yang jauh lebih cepat atau bahkan kurang pada saat mengisi daya.

Sehingga kemampuan ponsel kalian lambat laun akan semakin berkurang.

2. Masih Langkanya USB Type-C

Usb type-C
Meski sudah banyak smartphone dibekali dengan port USB Type-C, ternyata tak membuat ponsel ini aman-aman saja.

Pasalnya jika kabel kalian mengalami kerusakan, mau tak mau kalain bakal akan mencari kabel tipe ini meski bukan yang original.

Bahayanya, smartphone kalian bisa saja mengalami kerusakan karena fitur pengisian pada USB Type-C ini terbilang cukup rumit, apalagi jika bukan produk asli bawaan.

3. Tingkat Bahaya Tinggi 
Tingkat bahaya tinggi
Sebagai jenis USB terbaru tentu membuat jenis yang satu ini memiliki standar yang cukup mumpuni. USB Type-C mampu mengirim data lebih banyak dan juga lebih cepat, transfer dayanya pun juga lebih besar.

Namun jika kualitas kabel USB-C tidak sesuai standar, hal buruk pun bisa saja terjadi pada perangkat kalian.

4. Belum Memiliki Standarisasi Khusus 
Belum ada standarisasi khusus
Ini merupakan salah satu hal terburuk dari tipe USB yang satu ini. Banyak pabrikan ponsel maupun USB ini yang hanya menonjolkan fitur tertentu yang justru memperburuk kinerja dari USB ini seperti fast charging misalnya.

Sepertinya sangat dibutuhkan dengan jelas spesifikasi dari USB Type-C dan perlu standardisasi khusus dalam pembuatannya.

5. Ada Produsen Aksesori yang Nakal 
jika ada produsen nakal
Jika dilihat sepintas kabel dari USB Type-C memang tajk jauh dari USB pada umumnya. Hal itulah yang membuat ada beberapa produsen aksesori nakal yang hanya mengganti port utama USB Type-C sedangkan komponen kabel di dalamnya masih mengunakan standar kabel USB biasa.

Ngeri kan guys, jika kalian sembarangan mengunakan kabel jenis yang satu ini. Apalagi kalau kalian salah membeli. Bisa jadi smartphone kalian yang jadi korbannya.

Baca Juga:
  1. Ahok Mengekspresikan Wajah Sedih Lalu Dipeluk Sang Kakak Angkat Seusai Sidang Perdana Ahok
  2. Saat Mencuci Wajah, Sebaiknya Menggunakan Air Hangat Atau Air Dingin?
  3. Ini Isi Surat Al-Maidah Ayat 51 Yang Dihina Ahok
  4. Ini Penyebab Mendadak Linglung dan Fikiran Berkabut
  5. Tafsir Surat Al-Fajr Tentang Kebakaran di Israel 
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com, android central)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.