Beginilah Wujud Hyperloop di Uni Emirat Arab

Hyperloop adalah konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi yang diajukan oleh wiraswasta Elon Musk. Hyperloop bergerak dengan menciptakan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi

Teknologi Hyperloop telah dibuat open source oleh Musk dan SpaceX, dan publik diajak untuk mengambil gagasan tersebut dan mengembangkannya lebih lanjut. Untuk itu, beberapa perusahaan telah dibentuk, dan paling tidak sepuluh tim mahasiswa interdisipliner mencoba mewujudkan gagasan ini.

Uni Emirat Arab berambisi menjadi negara pertama yang memiliki sistem transportasi masa depan, Hyperloop. Proyek raksasa yang menghubungkan antara Dubai dan Abu Dhabi itu dijadwalkan tuntas tahun 2021.

1. Peluru Gurun Pasir

Hyperloop UAE
Adalah ambisi besar kerajaan Uni Emirat Arab yang ingin menghadirkan konsep kereta ultra cepat, Hyperloop, agar bisa memangkas waktu tempuh antara Dubai dan Abu Dhabi yang berjarak 150 kilometer menjadi hanya 12 menit.

2. Portal Masa Depan

Hyperloop UAE
Konsep yang sepenuhnya anyar membuat pengembang harus ikut mendesain berbagai kelengkapan moda transportasi berkecepatan 1.300 kilometer/jam ini. Salah satunya hasil racikan rumah desain Bjarke Ingles Group itu adalah stasiun utama yang disebut dengan Hyperportal. Di Abu Dhabi, portal ajaib itu akan dibangun di depan menara Etihad Towers

3. Stasiun Tanpa Ruang Tunggu

Hyperloop UAE
Hyporportal yang akan dibangun di Abu Dhabi menyerupai jembatan pejalan kaki yang dibangun di dekat Emirates Palace hotel. Portal Hyperloop didesain untuk menghilangkan konsep ruang tunggu dari sebuah stasiun. Sebaliknya penumpang akan diantar menuju kapsul Hyperloop dengan menggunakan kendaraan otonom yang menunggu penumpang di bagian kanan gambar.

4. Ruang Tunggu Bergerak

Hyperloop UAE
Hyperloop ikut mengembangkan kendaraan otonom untuk mengangkut penumpang demi menghilangkan waktu tunggu. Setiap kendaraan beroperasi sesuai dengan jadwal keberangkatan kereta. Nantinya mobil otonom bernama Hyperpods ini beroperasi di dalam kota dan di stasiun.

5. Kabin Futuristik

Hyperloop UAE
Di dalamnya penumpang mendapat ruang layaknya di lobi hotel atau di lounge bandar udara. Pods tidak cuma berfungsi sebagai ruang tunggu bergerak, melainkan juga sebagai kabin Hyperloop. Pasalnya transporter Hyperloop didesain untuk mengangkut pods, sehingga penumpang tidak meninggalkan pods sampai tiba di lokasi tujuan.

6. Revolusi Transportasi Publik

Hyperloop UAE
Ruang kendali yang berada di setiap portal menampilkan informasi mengenai status dan kondisi transporter atau pods. Dengan teknologi termutakhir hyperloop bisa memonitor pergerakan hingga 2.800 penumpang per jam. Perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat, itu mengklaim bisa mengangkut hingga 25 milyar penumpang setahun, dengan asumsi 67.000 penumpang setiap 24 jam.

7. Tanpa Dana Publik

Hyperloop UAE
Menurut pengembang, biaya pembangunan kereta cepat mencapai 150 juta Dollar AS per kilometer. Sementara Hyperloop cuma menelan biaya 40 juta Dollar AS per kilometer. Uniknya proyek Hyperloop One di Uni Emirat Arab akan lebih banyak bergantung pada investor kecil melalui Crowdfunding, ketimbang dana pemerintah.

8. Sistem Keamanan

Hyperloop UAE
Saat ini pengembang Hyperloop masih menyempurnakan sistem keamanan transporter. Dari kecepatan 1.200 km/jam, transporter memiliki tiga model pemberhentian darurat, yakni selama 32 detik dalam jarak lima kilometer, 16 detik dalam jarak 2,5 kilometer dan pemberhentian ekstrem yang berlangsung selama 6,4 derik dalam jarak satu kilometer.

Baca Juga ;
  1. Tahukah Kamu Uang Koin Termahal di Dunia? 1 Koinnya Bahkan Mencapai 13 Juta Rupiah!
  2. Inilah Warna Tren Rambut di Tahun 2017
  3. Ini Bahayanya Jika Menyimpan Obat di Lemari Es!
  4. Miris, Wanita Ini Sengaja Melindas Kaki Anak Laki-laki ini Menggunakan Skuter
  5. Tips Liburan ke Kota Surabaya dan Memilih Aparteman Harian sesuai Budget

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.