Berita Hoax Yang Mulai Meresahkan Masyarakat

Akhir-akhir ini kita diresahkan oleh banyaknya pemberitaan hoax. Hal tersebut semakin parah terjadi di dunia maya. Banyak akun yang tidak bertanggung jawab muncul untuk menyebarkan berita yang kebenarannya tidak akurat. Akun-akun tersebut muncul untuk sekedar meraup keuntungan secara ekonomi ataupun mencari posisi untuk kepentingan tertentu.

Panasnya dunia politik di Indonesia membuat berita hoax semakin viral menyebar. Kita yang termakan berita ini cenderung akan membagikan berita tersebut. Sehingga membuat isu yang dibawa semakin menyebar luas dan bahkan menimbulkan kekhawatiran.

Berita hoax
Jika kamu termasuk dalam mereka yang tidak mudah menyebarkan berita hoax, beruntunglah kamu. Pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa kamu memiliki kelebihan dalam fungsi otak. Sebuah penelitian yang diumumkan oleh Association for Psychological Science berhasil menyimpulkannya.

Orang yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan fungsi memori memiliki daya ingat yang lebih baik dikutip doktersehat.com. Penelitian yang diadakan di Carleton College ini dilakukan dengan cara memperlihatkan 6 slide pada beberapa partisipan. Setiap slide terdiri dari 50 gambar yang menjelaskan peristiwa tertentu, lengkap dengan berbagai keterangan.

Partisipan kemudian diminta untuk berbagi tugas yang tidak berhubungan. Selain itu mereka juga diberi pengalihan perhatian. Setelah itu, mereka kemudian kembali diperlihatkan dengan slide dan gambar-gambar yang sedikit diplintir. Namun meskipun sedikit diplintir, hal tersebut tidak sepenuhnya salah dan cenderung netral.

Akhirnya, ditemukan bahwa sebagian peserta mampu mengenali kesalahan informasi. Namun sebagain dari mereka juga ada yang ikut terpelintir dan jauh dari fakta yang ada. Adam Putnam, pemimpin penelitian, menyebutkan mereka yang menyadari hal tersebut memiliki fungsi memori yang lebih baik. Dan jika kamu termasuk yang tidak mudah termakan berita hoak, ini berarti kamu memiliki daya ingat yang luar biasa.

Baca Juga:
  1. Dicintai Itu Lebih Baik di Bandingkan Mencintai!
  2. Bukan Sekedar Mitos Ternyata, Setan dan Jin Berkeliaran Pada Waktu Ini
  3. Inilah "Om Telolet Om" Versi Remix Ala DJ Internasional Firebeatz, Kocak Abis
  4. Banyak Menyambut Tahun Baru 2017, Tapi Tahun Baru Tak Selalu Tanggal 1 Januari
  5. Fenomena Alam Aneh Yang Diduga Pintu Ruang Waktu di Langit Rusia
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.