Daftar 9 Kota Tertua di Dunia

Kota adalah bagian dari sejarah dan peradaban dengan arsitekturnya yang indah serta artefak unik. Sejumlah negara mempertahankan tata kota seperti sedia kala hingga menjadi incaran para turis untuk berwisata kota tua. Berikut adalah daftar 9 kota tertua di dunia

1. Damaskus, Suriah

Damaskus
Menurut sejarah, kota ini berdiri 8 ribu hingga 10 ribu tahun sebelum masehi. Ketika itu, Damaskus menjadi tujuan para pedagang lokal serta mancanegara. Damaskus juga menyimpan sejumlah cerita sejarah Hellenistic, Romawi, Bizantium dan Islam. Kini, Damaskus ditasbihkan sebagai kota tertua dunia.

2. Athena, Yunani

Athena
Ibu kota Yunani ini merupakan tempat lahirnya peradaban Barat. Populasi penduduk kota Athena sekarang sekitar 3 juta jiwa. Desain tata kota di sana ditandai dengan bekas-bekas peninggalan dinasti Ottoman, Bizantium dan Romawi. Athena juga menjadi tempat lahirnya filsuf, penulis dan seniman dunia.

3. Byblos, Libanon

Byblos
Kota Byblos menyimpan peradaban kuno dan usianya sekitar 5 ribu tahun. Kota ini dikenal sebagai tempat dikembangkannya abjad Phoenician, yang digunakan sampai sekarang. Satu hal yang cukup menarik, kata Bible (injil) dalam bahasa Inggris diambil dari nama kota ini. Dalam sejarah, kota Byblos dulunya adalah pelabuhan yang cukup penting, dimana kertas-kertas papirus diimpor.

4. Yerusalem, Israel/Palestina

Yerusalem
Yerusalem dikenal sebagai kota suci bagi masyarakat penganut Yahudi, Kristen dan Islam. Menurut Injil, kota Yerusalem didirikan sebagai kerajaan Israel oleh Raja Daud. Saat ini, kota itu berpenduduk 800 ribu jiwa, dimana populasi tertinggi adalah warga pemeluk Yahudi.

5. Cholula, Meksiko

Cholula
Kota ini usianya sudah lebih dari 2500 tahun dan menjadi tempat lahirnya berbagai budaya Amerika Latin seperti Olmec, Toltec, dan Aztec. Dulu, kota ini bernama Acholollan, tetapi kemudian diubah menjadi Cholula, yang artinya tempat air menyembur. Ketika kota ini ditaklukkan oleh bangsa Spanyol, Cholula menjadi kota paling indah diluar negara itu.

6. Jericho, Palestina

Jericho
Penggalian arkeolog menemukan bekas tempat tinggal manusia berusia hampir 11 ribu tahun di kota Jericho. Dalam kitab Ibrani, kota ini disebut kota dengan pohon-pohon palm. Jericho terletak di tengah-tengah Palestina, dimana pembangunannya ditujukan sebagai pusat perdagangan. Pada abad pertama, kota itu sempat dihancurkan oleh pasukan romawi, tetapi berhasil dibangun lagi pada masa Bizantium.

7. Aleppo, Suriah

Aleppo
Kota Aleppo di Suriah secara geografis terletak di jalur sutra dan menjadi penghubung negara-negara di kawasan Asia dan mediterania. Aleppo diperkirakan sudah berusia lebih dari 8 ribu tahun, tetapi sejumlah penggalian yang dilakukan para arkeolog menemukan kota ini kemungkinan berusia sekitar 13 ribu tahun berdasarkan gaya arsitekturnya. Aleppo pernah dikuasai oleh Romawi, Bizantium dan Ottoman.

8. Plovdiv, Bulgaria

Plovdiv
Kota ini dibangun 4 ribu tahun sebelum masehi, yang dibuktikan lewat sejumlah penggalian neolitik. Selama berabad-abad, kota Plovdiv diperintah oleh berbagai kerajaan, tetapi akhirnya takluk oleh Romawi. Pada 1885, Plovdiv resmi menjadi bagian dari Bulgaria.

9. Luoyang, Tiongkok

Luoyang
Kota tua tidak hanya ada di kawasan mediterania, tetapi ada pula yang terletak di kawasan Asia. Di Tiongkok, kota Luoyang ditasbihkan sebagai kota tertua di Asia dan diyakini sebagai tempat lahirnya kebudayaan serta sejarah Tiongkok. Usia kota tua Luoyang diperkirakan sudah lebih dari 4 ribu tahun dan sekarang dihuni oleh hampir 7 juta jiwa.

Namun yang sangat disayangkan adalah kota tertua di dunia yang ada di suriah saat ini telah luluh lantah diterjang badai perang.

Baca Juga :
  1. Warga Inggris Geram, Ketika Mengetahui Uang Pecahan £5 Yang Terdapat di Negaranya Terbuat Dari Ini!
  2. Seram, Beginilah Cara Roh Keluar dari Tubuh Manusia Saat Kematian
  3. Inilah Respon Bangsa Jin Ketika Dibacakan Surat Ar-Rahman Oleh Nabi Muhammad
  4. Inilah Cerita Pramugari Garuda Indonesia Yang Gendong Seorang Nenek di Pesawat
  5. Saat Ikuti Seleksi Kerja, Di Negara Ini Harus Gunakan Alat Canggih Ini!

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.