Hemat dan Pelit Beda Tipis. Ini Tips Cara Hemat Tanpa Dibilang Pelit!

Hemat adalah sikap berhati-hati dalam menggunakan atau mengeluarkan uang, barang, tenaga, pikiran, atau waktu dalam mewujudkan cita-cita keadilan sosial masyarakat sebagai sarana hidup agar berfungsi memenuhi kebutuhan sebagai bangsa yang sedang membangun, tidak bersikap boros berarti bahwa dalam memenuhi keperluan

Banyak orang yang beranggapan bahwa rata-rata orang yang hemat sama saja seperti orang pelit. Sebenarnya tidak lho, walaupun beda tipis sih. Berikut adalah cara dapat hidup hemat tanpa perlu dibilang pelit. Tentu saja berhemat penting agar kehidupan kamu lebih sukses.

Hemat dan Pelit
1. The Power of Uang Koin
Jangan sepelekan uang koin. Simpan uang kembalian yang berupa uang koin. Kebiasaan mengumpulkan uang receh dapat menyelamatkan kamu di masa yang akan datang dan saat mengalami kebutuhan yang mendesak.
   
2. Bedakan antara Keinginan dan Kebutuhan
Dahulukan kebutuhan sebelum keinginan kamu. Sebelum belanja susun daftar kebutuhan kamu, hal ini akan membantu kamu dalam mengontrol antara keinginan dan kebutuhan. Jangan sampai karena ingin memenuhi keinginan kamu sampai mengeluarkan uang yang melebihi kemampuan kamu. Karena keinginan tidak ada batasnya, berbeda dengan kebutuhan.
 
3. Kurangi Jajan dengan Membiasakan Membawa Bekal
Saat bepergian keluar rumah jangan lupa untuk selalu membawa bekal. Bawa camilan dari rumah akan menghemat pengeluaran kamu. Tidak hanya itu membawa bekal juga akan membuat kamu lebih sehat.
 
4. Menjaga Kesehatan
Kebiasaan menjaga pola hidup sehat adalah salah satu bentuk cara berhemat? Mengapa demikian, karena saat sakit kamu akan membutuhkan biaya yang banyak. Sakit akan membuat kamu tidak produktif sementara banyak pengeluaran yang harus kamu penuhi. Biaya berobat hingga biaya perawatan. Jadi, mulai sekarang jangan malas untuk berolahraga dan menjaga kesehatan.
 
5. Jangan Lupa untuk Menabung
Menabung adalah cara menghemat pengeluaran kamu. Setelah menerima gaji, jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk tabungan. Jangan menabung menunggu uang sisa. Untuk membuat disiplin menabung kamu. Cobalah gunakan fasilitas tabungan berjangka dengan nominal tertentu. Hal ini akan membantu kamu lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Baca Juga:
  1. Video Detik-detik Gempa Aceh 6.5 SR "Pidie Jaya", Warga Terlihat Berhamburan Ke Jalan
  2. Inilah 7 Negara Dengan Tingkat Perselingkuhan Tertinggi di Dunia!
  3. Saat Anda Tersedak, Lakukan Hal Ini!
  4. Isu Makar Gulingkan Pemerintahan, Apa Yang Dimaksud Dengan Makar? Berikut Pengertiannya
  5. Subhanallah, Aktor Hollywood dan Pemenang Academy Award Ini Sebut Adzan Sebagai Suara Paling Indah di Dunia
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)

Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.