Inilah Daftar 10 Negara Paling Damai di Dunia

Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain.

Global Peace Index adalah gambaran kesediaan negara untuk berdamai, berdasarkan perbandingan relatif. Indeks dibuat komisi pakar internasional, yang bekerja sama dengan harian The Economist. Berikut peringkat 1-10 yang berhasil dilansir melalui laman DW Indonesia.

1. Islandia

Islandia
Islandia terkena dampak kemerosotan ekonomi dunia akhir 2008. Industri investment bankingnya ambruk. Karenanya terjadi demonstrasi dan sejumlah orang cedera. Itu juga sebabkan pemerintah koalisi ambruk Januari 2009. Tapi Islandia tetap damai dan kembali berkembang. Bagi penggagas GPI, Steve Killelea, ini indikasi dan contoh jelas bahwa negara damai lebih ulet dan mampu mereparasi diri.

2. Denmark

Denmark
Denmark sudah duduki peringkat kedua sejak tahun lalu. Seperti negara Skandinavia lainnya, Denmark menikmati hubungan internasional yang baik dan tingkat kriminalitas rendah. Tingkat kepemilikan senjata juga rendah, demikian halnya dengan konflik terorganisir. Sebagai anggota NATO Denmark kirim 500 tentara ke Irak mulai Juni 2003. Tentara ditarik kembali Agustus 2007.

3. Austria

Foto: Wina
Austria nyatakan diri permanen netral 1955. Artinya: tidak memihak siapapun dalam peperangan. Anggaran militernya secara persentasi dari GDP adalah yang terkecil di dunia. Austria kirim tentara untuk misi penjagaan perdamaian di Serbia dan Afghanistan. Poin diraih dari angka kriminal kecil plus hubungan baik dengan negara tetangga. Negara ini juga diberi nilai bagus dalam hal HAM. 

4. Selandia Baru

Ibukota Wellington
Negara ini berada di peringkat atas dalam beberapa tahun terakhir. Negara pulau kecil di bagian selatan Samudra Pasifik populasinya hanya empat juta penduduk, 80% tinggal di perkotaan. Menyangkut hubungan antara warga asli Maori dan pendatang Eropa, penggagas GPI Killelea mengatakan negara itu beri contoh kemampuan jembatani perbedaan etnis dan jadi bangsa yang damai. 

5. Swiss

Foto: Bern.
Swiss punya ekonomi dan pemerintahan yang stabil. Negara di pegunungan Alpen itu sudah bersikap netral sejak sebelum Perang Dunia I. Tingkat kriminalitas rendah, tetapi jumlah pembunuhan tinggi. Tentara Swiss boleh membawa senjatanya pulang. Bank-bank besar Swiss sejak lama jadi surga investor asing karena tingkat kerahasiaan yang tinggi, dan ikut terkena dampak krisis ekonomi global. 

6. Finlandia

Finlandia
Rakyat Finlandia nikmati politik kuat dan stabil. Kasus kriminal berat sangat rendah. Tetapi negara itu catat angka pembunuhan sedikit lebih tinggi daripada negara tetangga Skandinavia. Pemerintah Finlandia jalankan politik non aliansi sejak berakhirnya Perang Dingin dan netral menyangkut perang Irak. Finlandia bukan anggota NATO tapi ikut kirim tentara untuk jaga perdamaian di Afghanistan.

7. Kanada

Foto: sebuah feri di teluk Howe Sound dekat Vancouver
Tingkat keamanan dalam negeri Kanada hampir sama dengan negara-negara Skandinavia. Negara itu ikut misi NATO di Afghanistan mulai 2008, dan mengalami kerugian berupa korban jiwa. 

8. Jepang

Foto: skyline Tokyo
Ekonomi Jepang termasuk dalam lima besar di dunia. Penduduknya berjumlah 127 juta orang, dan dilarang memiliki senjata api. Dari segi rendahnya tingkat kriminalitas dan angka pembunuhan Jepang termasuk yang paling baik di dunia. 

9. Australia

Foto: Brisbane.
Australia adalah negara keenam terbesar di dunia secara geografis. Tingkat konflik intern terorganisir rendah, dan HAM cukup diperhatikan. Tetapi peringkat negara ini turun karena sejak 2003 negara itu kirim ratusan tentara ikut dalam misi di Irak dan Afghanistan yang dipimpin AS. Ekonomi negara itu relatif sehat. 

10. Republik Ceko

Foto: Praha
Dianggap "salah satu negara bekas komunis yang paling stabil dan maju di Eropa Tengah/Timur" oleh CIA. Ceko jadi anggota Uni Eropa 2004 dan ikut dalam grup mata uang Euro di 2012. Tingkat kriminal terorganisirnya rendah. Ceko punya hubungan baik dengan negara tetangganya, kecuali perseteruan soal pembangkit tenaga nuklir dekat perbatasan dengan Austria, yang ditentang warga Austria. 

Nah itu dia daftar 10 negara paling damai di dunia, mudah-mudahan Indonesia juga bisa menjadi daftar negara paling damai di dunia ya guys, kita doakan saja.

Baca Juga :
  1. Inilah Alasan Mengapa Media Barat Selalu Membuat Berita Bohong Tentang Aleppo
  2. Ternyata Ini Yang Terjadi Jika Kamu Menelan Permen Karet!
  3. 7 Mata Uang di Beberapa Negara Ini Paling Sulit Untuk di Palsukan!
  4. Mengerikan, Inilah 5 Penyakit Yang Akan Muncul Dikala Sedang Stress Berat
  5. Faktor Inilah yang Membuat Kamu Gagal Menabung

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org, ml/as (dari berbagai sumber))
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.