Inilah Negara Yang Mempunyai Tinggi Badan Terpendek dan Tertinggi di Asia Tenggara

Tinggi badan manusia bergantung pada faktor lingkungan dan genetik. Tinggi badan manusia beragam menurut pengukuran antropometri. Kelainan variasi tinggi badan (sekitar 20% penyimpangan dari rata-rata) menyebabkan seseorang mengalami gigantisme atau dwarfisme, bila tak lebih dari variasi tersebut masih bisa dikatakan normal.

Pertumbuhan rata-rata untuk setiap jenis kelamin dalam populasi berbeda secara bermakna, di mana pria dewasa rata-rata lebih tinggi daripada wanita dewasa. Selain itu, tinggi badan manusia juga berbeda menurut kelompok etnis.

Pertumbuhan tinggi badan biasanya berhenti ketika lempeng pertumbuhan (lempeng efifisis) di ujung tulang menutup. Penutupan ini terjadi sekitar usia 16 tahun pada wanita atau 18 tahun pada pria. Tetapi, kadang-kadang pada sebagian orang, baru menutup pada usia sekitar 20-21 tahun.

Penelitian Imperial College London menyebutkan rata-rata tinggi badan penduduk Indonesia termasuk yang paling rendah di dunia. Dengan tinggi rata-rata 152,9 cm, Indonesia pun tergolong yang paling pendek di Asia Tenggara

1. Filipina - 151,2cm

Filipina
Rata-rata tinggi badan pria Filipina sebenarnya mengalami peningkatan sejak tahun 1980an menjadi 163 sentimeter. Namun perempuan ironisnya mengalami penurunan sejak dekade 1950an menjadi sekitar 150 sentimeter. Data tersebut berdampak pada rata-rata tinggi badan penduduk yang cuma berada di kisaran 151,2 sentimeter.

2. Laos - 152,8cm

Laos
Kaum pria Laos tidak mengalami peningkatan rata-rata tinggi badan sejak dekade 1950an. Jumlahnya saat ini berkisar di angka 160 sentimeter. Fenomena serupa juga ditemukan pada kaum perempuan yang mencatat tinggi rata-rata 151 sentimeter sejak dekade 1940an. Saat ini penduduk Laos tercatat memiliki rata-rata tinggi badan 152,8 sentimeter.

3. Indonesia - 152,9cm

Indonesia
Sejak 1950an pria Indonesia mengalami peningkatan rata-rata tinggi badan sebanyak 3 sentimeter menjadi 163 sentimeter. Peningkatan serupa juga dialami kaum perempuan yang kini berada di 152 sentimeter. Namun secara umum rata-rata tinggi badan penduduk Indonesia 152,9 sentimeter. Dengan angka tersebut Indonesia berada di urutan 13 negara berpenduduk terpendek di dunia

4. Kamboja - 153,6cm

Kamboja
Serupa Indonesia, penduduk Kamboja mengalami peningkatan rata-rata tinggi badan secara gradual dan berkelanjutan sejak dekade 1950an, pada kaum pria angkanya berkisar 163 sentimeter dan perempuan 153 sentimeter. Secara umum rata-rata tinggi badan penduduk Kamboja sebesar 153,6 sentimeter

5. Vietnam - 154cm

Vietnam
Ketika kaum pria Vietnam menikmati kenaikan rata-rata tinggi badan menjadi 164 sentimeter sejak 1950an, pada kaum perempuan angkanya tidak banyak berubah, yakni 153 sentimeter. Meski begitu perempuan Vietnam tergolong tinggi dibandingkan negara ASEAN yang lain. Rata-rata tinggi badan penduduk jiran itu adalah 154 sentimeter.

6. Brunei Darussalam - 154,4cm

Brunei Darussalam
Kaum pria Brunei Darussalam termasuk yang paling tinggi di Asia Tenggara dengan rata-rata 165 sentimeter. Pada kaum perempuan angka rata-rata tinggi badan serupa dengan negara jiran lainnya, yakni di kisaran 153 sentimeter. Jika digabungkan tinggi rata-rata penduduk Brunei mencapai 154,4 sentimeter.

7. Myanmar - 154,6cm

Myanmar
Rata-rata tinggi badan penduduk Myanmar saat ini berkisar 154,6 sentimeter. Uniknya baik perempuan atau pria mengalami kenaikan rata-rata tinggi badan yang nyaris serupa, yakni 1 sentimeter sejak 1950an. Pada pria jumlahnya kini 164 sentimeter, sementara perempuan 154 sentimeter.

8. Malaysia - 157,9cm

Malaysia
Tiga negara jauh meninggalkan negara lain di Asia Tenggara dalam hal rata-rata tinggi badan. Salah satunya adalah Malaysia yang mencatat tinggi rata-rata 157,8 sentimeter. Kaum pria negeri jiran ini memiliki tinggi rata-rata mencapai 167 sentimeter, sementara tinggi kaum perempuannya berkisar 156 sentimeter.

9. Thailand - 159cm

Thailand
Kaum pria Thailand mencatat rata-rata tinggi badan sebesar 169 sentimeter, sementara perempuan 157 sentimeter. Tidak heran jika tinggi rata-rata penduduk negeri gajah itu mencapai 159 sentimeter.

10. Singapura - 162,3cm

Singapura
Jauh di atas adalah Singapura yang mencatat rata-rata tinggi badan 162,9 sentimeter. Kaum prianya rata-rata setinggi 172 sentimeter. Adapun kebanyakan kaum perempuan di Singapura memiliki tinggi badan 160 sentimeter, serupa dengan rata-rata tinggi pria di Laos.

Baca Juga :
  1. Inilah Ritual Pahlevāni, Ritual Seni Bela Diri Tertua di Dunia
  2. Contoh Hal yang Dilakukan Rasulullah Setiap Malam, Jika Ingin Tenang Dalam Menjalani Hidup
  3. 9 Hal Konyol Ini Pasti Sering Kamu Alami Ketika Sedang Rindu Berat
  4. Astaga, Tak Tahan Jadi Budak Seks Ayah Tiri, Gadis Ini Bunuh Diri Secara Live "Langsung"
  5. 4 Sensor Ini Yang Kebanyakan Smartphone Kamu Miliki

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.