Inilah Respon Bangsa Jin Ketika Dibacakan Surat Ar-Rahman Oleh Nabi Muhammad

Manusia dan Jin merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang diciptakan hanya untuk beribadah kepada-Nya. Posisi manusia dan jin dihadapan Allah SWT tidak berbeda, yang membedakan mereka adalah tingkat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Manusia dan jin hidup berdampingan di dunia tetapi mereka memiliki alam yang berbeda sehingga keduanya tidak saling mengganggu.

Jin merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki keimanan sama seperti manusia, lalu bagaimana respon bangsa Jin ketika Nabi membacakan surat ar-Rahman?

Ilustrasi
Dalam Al-Quran juga telah digambarkan bahwa manusia dan jin merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang diciptakan hanya untuk beribadah kepada-Nya. Hal ini dapat dilihat dari adanya surat An-Nass yang memiliki arti manusia dan surat Al-Jinn yang berarti bangsa jin. Surat Al-Jinn ini yang menandakan bahwa bangsa jin merupakan ciptaan Allah SWT yang senantiasa beriman kepada-Nya.

Apakah jin kepanasan jika mendengar Al-Qur’an? Dalam Al-Quran juga telah dijelaskan bahwa bangsa jin juga senantiasa mendengarkan ayat-ayat suci Al-Quran seperti bangsa manusia. Mereka juga mengimani akan kekuasaan Allah SWT dan mengimani akan kebenaran Al-Quran sebagai kalam Allah SWT yang suci.

Bagaimana respon bangsa jin saat mendengar lantunan ayat-ayat dalam Al-Quran? Berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dijelaskan bahwa respon bangsa jin saat mendengar lantunan ayat suci Al-Quran lebih baik dari pada respon manusia.

Rasulullah SAW membacakan surat Ar-Rahman kepada para sahabat dan mereka semua hanya terdiam mendengarkan surat tersebut. Beliau membacakan surat Ar-Rahman dari awal hingga akhir dan para sahabat mendengarkannya dengan baik. Setelah membacakan surat Ar-Rahman, Rasulullah menerangkan bahwa beliau juga telah membacakan surat Ar-Rahman kepada bangsa jin. Rosulullah menerangkan bahwa respon jin ketika mendengar surat ar-Rahman jauh lebih baik dari mereka. Benarkah?

Bangsa jin yang mendengar lantunan surat Ar-Rahman yang dibacakan oleh Rasulullah menanggapinya dengan sangat baik dan setelah surat Ar-Rahman selesai dibacakan maka bangsa jin segera meresponnya dengan menyebut kebesaran Allah SWT serta mereka tidak mendustakan segala kenikmatan yang telah Allah SWT berikan kepadanya.

Surat Ar-Rahman merupakan surat yang berisi akan kebesaran Allah SWT atas semua kenikmatan yang ada di seluruh bumi dan langit untuk semua makhluknya. Bangsa jin tidak mengingkari akan nikmat Allah SWT yang diberikan kepada mereka sehingga setelah mendengar akan lantunan surat Ar-Rahman bangsa jin segera menjawabnya dengan pengakuan akan kebesaran nikmat Allah SWT. Inilah manfaat membaca surat ar-Rahman, yaitu mengetahui betapa besarnya nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada makhluknya.

Dari surat Ar-Rahman, semua makhluk ciptaan Allah SWT mengetahui bagaimana besarnya nikmat Allah SWT yang telah diberikan untuk mereka sehingga sangat disayangkan jika ada seorang makhluk yang tidak mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepadanya serta malah mendustainya. Isi kandungan surat Ar-Rahman menegaskan bahwa Allah SWT telah memberikan banyak kenikmatan kepada setiap hamba-Nya sehingga sebagai orang yang beriman sudah seharusnya kita selalu bersyukur dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Demikian informasi seputar respon bangsa Jin ketika Nabi membacakan surat ar-Rahman dan ternyata respon mereka jauh lebih baik dari respon para sahabat Nabi, lalu bagaimana respon kita saat mendengar surat Ar-Rahman?

Baca Juga :
  1. Inilah Ritual Pahlevāni, Ritual Seni Bela Diri Tertua di Dunia
  2. Stop, Tindakan Keluarga Ini Dapat Membuat Mayit Diazab Malaikat
  3. Astaga di Negara Ini Datang Bulan Bisa Menjadi Malapetaka Yang Merenggut Nyawa
  4. 5 Negara Yang Diketahui Warganya tak Bertuhan "Ateis"
  5. Beginilah Wujud Hyperloop di Uni Emirat Arab

(Ref: sandk, catatansandk.com, islamidia.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.