Ternyata Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Pisau Cukur Kamu!

Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gillette, yaitu nama belakang dari King Camp Gillette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambil keuntungan dari penjualan pisau cukur.  

Ada dua cara mencukur yang biasa kita temui yaitu dry shave (bercukur kering) dan wet shave (bercukur basah). Dry shave kita lakukan hanya dengan mengunakan shaver sebagai alat bantu.

Sedangkan wet shave kita lakukan dengan bantuan air dan foam saat mencukur. Terlepas dari teknik mencukur, alat utama yang kita gunakan tetaplah pisau cukur.Maka dari itu kita perlu untuk menjaga kehigienisannya dengan mengganti secara berkala.

Namun kapan sebenarnya kita perlu mengganti shaver, guys? Dikutip Metro.co.uk, pisau cukur sebaiknya diganti setelah digunakan 5-7 kali. Dermatologist Whitney Bowe mengatakan pada Refinery29 bahwa setelah beberapa kali pencukuran, pisau cukur akan mulai terkena bakteri.

Pisau Cukur
Dan akan semakin parah jika kita menaruhnya di tempat yang lembab dan berembun. Atmosfer tersebut akan menyebabkan karat lebih cepat dan memicu munculnya bakteri lebih banyak.
metro.co.uk Disisi lain, Leo Embo, pelatih di MAXX Salon by Rudy Hadisuwarno mengatakan, pisau cukur perlu diganti ketika tarikan cukuran terasa agak tertahan dan tidak mulus dikutip Tribunnews.com.

Umur pisau cukur juga bergantung pada ketebalan rambut dan intensitas pemakaian. "Rambut terlalu keras akan berpengaruh karena membuat pisau bekerja terlalu keras. Ketajaman akan berkurang bila shaver terlalu sering dipakai." tambahnya.

Selain kondisi pisau cukur yang menurun kualitas, kamu dapat mengujinya saat sedang mencukur bulu.

Jika kulitmu mengeluarkan benjolan-benjolan kecil merah setelah bercukur maka kamu perlu waspada. Kondisi tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada pada shaver tersebut. Untuk menjaga pisau cukur agar tetap bersih, kamu bisa mencucinya setelah memakai dan menarunya di tempat kering, guys.

Baca Juga:
  1. Astaghfirullah, Teller Bank Ini Ditegur Saat Layani Orang Cacat, Malah Bilang Begini
  2. Subhanallah, Inilah Kondisi Yang Paling Menyusahkan Bagi Mayit
  3. Mengenaskan, Bocah 11 Tahun Meninggal di Makan Sekelompok Ikan Piranha dan Hanya Menyisakan Tulangnya Saja
  4. Yuk Intip Warna Keberuntunganmu Berdasarkan Zodiakmu di Tahun 2017
  5. Awas, Dapat panggilan telepon dengan kode +77? Itu spam!
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com, berbagai sumber)

Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.