10 Pelabuhan Peti Kemas Terbesar di Dunia

Terminal peti kemas adalah terminal di mana dilakukan pengumpulan peti kemas dari hinterland ataupun pelabuhan lainnya untuk selanjutnya diangkut ke tempat tujuan ataupun terminal peti kemas (Unit Terminal Container disingkat secara umum "UTC") yang lebih besar lagi.

Pelabuhan peti kemas menjadi indikasi kasat mata mengenai pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Tidak heran jika belakangan negara-negara Asia mendominasi transportasi kontainer dunia. Berikut 10 Pelabuhan Peti Kemas Terbesar di Dunia.

1. Hamburg

Hamburg
Barang seberat 137,8 juta ton melewati pelabuhan peti kemas terbesar milik Jerman di Hamburg tahun 2015 silam, termasuk diantaranya sekitar 8,8 juta kontainer berukuran standar (TEU). Dengan angka tersebut Hamburg tercatat sebagai pelabuhan peti kemas terbesar ketiga di Eropa dan ke-19 di dunia.

2. Antwerpen

Antwerpen
Pelabuhan Antwerpen adalah yang terbesar di Belgia. Kapasitasnya saat ini ditaksir mencapai 9,6 juta kontainer berukuran standar. Jika diukur berdasarkan volume kargo dalam ton, Antwerpen malah tercatat yang terbesar kedua di Eropa dan berada di posisi 15 di dunia. Keunikan terbesar Antwerpen adalah taman industri kimia yang terletak di dalam kompleks pelabuhan.

3. Rotterdam

Rotterdam
Pelabuhan Rotterdam adalah yang terbesar di Eropa dan keduabelas di dunia. Kompleks pelabuhan membentang sepanjang 42 kilometer dan memiliki kapasitas 12,4 juta TEU. Rotterdam tercatat lebih banyak mengolah kontainer dengan tujuan Timur Tengah dan Amerika Utara ketimbang belahan dunia lain.

4. Los Angeles/Long Beach

Long Beach
Pelabuhan petikemas Los Angeles terletak di tepi Teluk San-Pedro, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Los Angeles. Pelabuhan ini cukup unik karena memiliki dua pelabuhan sekaligus, yakni Los Angeles dan Long Beach. Kedua pelabuhan memilki kapasitas 15,3 juta TEU, terbesar kesepuluh di dunia.

5. Dubai

Dubai
Pelabuhan Jebel Ali di Dubai tercatat sebagai pelabuhan dagang terbesar di Timur Tengah. Dibangun di atas pasir gurun akhir dekaden 1970an, kini pelabuhan Dubai memiliki kapasitas 15,6 juta TEU dan mendarat di posisi sembilan pelabuhan peti kemas terbesar sejagad

6. Guangzhou

Guangzhou
Pelabuhan Guangzhou adalah yang terbesar ketujuh di dunia. Uniknya pelabuhan ini adalah salah satu dari enam pelabuhan Cina yang masuk dalam daftar 10 besar pelabuhan peti kemas terbesar. Tahun 2015 silam pelabuhan Guangzhou mengolah barang sebanyak 17,5 juta kontainer berukuran standar (TEU).

7. Busan

Busan
Busan memang bukan kota terbesar di Korea Selatan, tapi pelabuhannya adalah pintu masuk bisnis buat negeri gingseng itu. Dengan kapasitas mencapai 19,4 juta TEU, pelabuhan yang dibangun tahun 1915 ini mendarat di posisi enam daftar pelabuhan terbesar sejagad.

8. Hongkong

Hongkong
Pelabuhan Hongkong sudah meriah sejak era pendudukan Inggris. Lantaran letaknya yang berada di gerbang Laut Cina Selatan, Hongkong dipandang salah satu pelabuhan paling penting di Asia. Saat ini pelabuhan Hongkong memiliki kapasitas 20 juta TEU per tahun.

9. Singapura

Singapura
Dengan kapasitas lebih dari 31 juta TEU per tahun, tidak heran jika Singapura menjadi pelabuhan peti kemas terbesar kedua di dunia. Tidak hanya itu, saat ini pelabuhan di negeri jiran itu juga termasuk yang paling canggih. Saat ini Singapura adalah pintu masuk Eropa ke pasar Asia Tenggara.

10. Shanghai

Shanghai
Sejak tahun 2010 pelabuhan Shanghai telah menempati urutan teratas daftar pelabuhan peti kemas terbesar sejahad. Tahun 2015 saja Shanghai mengolah 36,5 juta kontainer, hampir enam kali lipat lebih banyak ketimbang Tanjung Priok.

Baca Juga :
  1. 5 Manfaat Di Balik Mengkonsumsi Cokelat Hangat!
  2. Kenapa Migrain Sering Sekali di Alami Oleh Wanita di Bandingkan Pria? Ini Penjelasannya!
  3. 8 Jalur Kereta Paling Mengerikan dan Berbahaya Yang Ada di Dunia
  4. Menakjubkan! Marie, Mahasiswa Jurusan Arsitek Yang Bisa Membuat Cake Efek Kaca
  5. Serem! Di Langit Texas Ada Ribuan Burung Hitam Yang Bersuara Menyeramkan!

(Ref: sandk catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.