7 Khasiat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Anda suka minum air kelapa muda? Pilihan minuman yang sudah tepat. Karena menurut para peneliti, selain menjadi penghilang dahaga, air kelapa juga kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Air kelapa telah lama menjadi minuman populer di wilayah tropis, khususnya di India, Pesisir Brasil, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Afrika, dan Caribbean

Dalam 100 ml, tersedia 19 kalori, Air kelapa terdiri dari 95% air dan 4% karbohidrat , dengan protein dan jumlah lemak konten di bawah 1% masing-masing (tabel). Air kelapa mengandung vitamin serta mineral makanan dalam jumlah yang signifikan (rata-rata di bawah angka 10% dari Nilai kebutuhan gizi harian). Berikut adalah khasiat dari air kelapa bagi kesehatan kita.


1. Bantu Kurangi Berat Badan
Ilustrasi
Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah, jadi tidak perlu takut mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah banyak. Selain itu air kelapa juga bisa mengurangi rasa lapar dan cepat membuat Anda merasa kenyang.

2. Kaya Nutrisi
Ilustrasi
Tidak seperti minuman isotonik industrial yang dijual di pasaran, air kelapa adalah minuman alami yang mengandung lima elektrolit penting yang ada dalam tubuh manusia. Seperti kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan sodium. Karena komposisinya yang unik, air kelapa bisa dinikmati oleh individu dengan kondisi kesehatan yang berbeda-beda.

3. Bantu Proses Pencernaan
Ilustrasi
Jika Anda bermasalah dengan sistem pencernaan, air kelapa bisa membantu. Karena kandungan serat yang tinggi, air kelapa juga turut mengurangi gejala refluks asam lambung.

4. Turunkan Tekanan Darah
Ilustrasi
Tekanan darah pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi yang secara rutin mengkonsumsi air kelapa turun hingga 71 persen. Dibandingkan dengan minuman isotonik, air kelapa lebih kaya unsur kalium daripada sodium. Asupan unsur Sodium harus dibatasi karena bisa menyebabkan hipertensi.

5. Minuman Hidrasi
Ilustrasi
Air kelapa lebih efektif menghidrasi tubuh manusia dibanding minuman energi yang dijual di pasaran. Setelah berolahraga, tubuh kehilangan cairan yang kaya mineral. Air kelapa adalah pengganti yang ideal, karena mengandung 294 mg potasium dan 5 mg gula alami per gelasnya. Sementara "sport drink" hanya mengandung setengah dari potasium dan lima kali jumlah gula.

6. Seperti Darah Manusia
Ilustrasi
Sifat air kelapa isotonik sama dengan plasma darah manusia. Dalam kondisi darurat air kelapa bisa digunakan sebagai pengganti plasma. Di negara-negara miskin, air kelapa dimanfaatkan untuk menyelamatkan nyawa manusia.

7. Kulit Mulus
Ilustrasi
Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit, seperti misalnya berjerawat, air kelapa bisa membersihkan kulit secara maksimal dan membuat kulit lebih mulus. Air kelapa juga melembabkan kulit dari dalam jika Anda meminumnya dan mampu mengeliminsi minyak dalam jumlah besar. Ini penjelasan mengapa ada banyak produk kosmetik yang mengandung ekstrak air kelapa.

Baca Juga :
  1. 5 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok!
  2. Kocak, Pencuri Ini Tertangkap Setelah Tersangkut di Jendela Kamar Mandi
  3. 6 Kesalahan Yang Mungkin Pernah Kamu Lakukan Ketika Mencuci Muka
  4. Inilah 7 Amalan yang Bisa Mengundang Rezeki Melimpah Ruah
  5. Astaga, Ibu Ini Tolak Susui Bayinya Sendiri Karena Berwajah Seperti Alien

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.