8 Jalur Kereta Paling Mengerikan dan Berbahaya Yang Ada di Dunia

Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang ditarik sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Semua kereta api di dunia ini pastinya akan melewati jalur-jalur rel kereta yang cukup mengerikan dan berbahaya.

Maut sering bersembunyi di balik keindahan alam. Begitu pula dengan delapan jalur kereta api yang melewati lanskap paling spektakuler di muka Bumi, meski dengan risiko tinggi. Inilah rute kereta paling berbahaya di dunia

1. Jembatan Pamban, India
Jembatan Pamban
Dibuka pada 1914, jembatan Pamban menghubungkan Rameswaram dan Pulau Pamban di India. Perkara terbesar jembatan laut ini adalah lokasi pembangunannya yang tercatat sebagai salah satu lingkungan paling korosif di dunia setelah Florida, AS. Lantaran biaya yang tinggi, perawatan jembatan Pamban sering diabaikan, sehingga mengancam keselamatan penumpang.

2. Salta - Antofagasta Railway, Argentina
Salta
Dijuluki Tren a las Nubes alias kereta awan, jalur Salta ke Antafogasta melalui pegunungan Andes, di antara Argentina dan Chile, di ketinggian 4220 meter. Rute legendaris ini selesai dibangun 1948 setelah melalui masa konstruksi selama 27 tahun. Jalur kereta Tren a las Nubes yang tercatat sebagai jalur tertinggi kelima di dunia melewati 29 jembatan, 21 terowongan dan 13 viaduk.

3. Georgetown Loop, Amerika Serikat
Georgetown Loop
Kendati hanya sepanjang 7,2 kilometer, jalur Georgetown Loop di pegunungan Rocky Mountains memiliki tanjakan setinggi 200 meter. Atraksi paling maut rute wisata ini adalah jembatan Devil’s Gate High yang menjulang setinggi 30 meter. Georgetown Loop mulai beroperasi sejak tahun 1884. Setelah sempat ditutup, rute ini kembali dibuka buat wisatawan.

4. White Pass & Yukon, AS
White Pass
Dibuka tahun 1900, jalur sepanjang 176 kilometer ini awalnya merupakan rute batu bara paling sibuk di Alaska. Setelah sempat ditutup tahun 1982 menyusul menurunnya produksi, rute ini kembali dibuka enam tahun kemudian buat wisatawa. Jalur White Pass cendrung berliku karena melewati pegunungan di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat.

5. Kuranda Scenic, Australia
Kuran Scenic Railway
Jalur sepanjang 34 kilometer ini terkenal lantaran melewati lanskap paling menggugah di Australia. Selain hutan hujan nan lebat, Kuran Scenic Railway juga melalui taman nasional McAllister Range yang memiliki lusinan air terjun raksasa. Jalur ini tergolong menakutkan karena cukup berliku dan sering melewati tebing curam.

6. Devil's Nose, Ekuador
Devil's Nose
Situs The Guardian pernah membaiat Devil's Nose sebagai perjalanan kereta paling spektakuler di dunia. Pujian tersebut bukan tanpa alasan. Devil's Nose yang membentang sepanjang 12 kilometer di pegunungan Andes dibangun di ketinggian 2700 meter. Di beberapa bagian, jalur kereta melalui turunan dan tanjakan dengan tikungan tajam di tepi tebing setinggi 500 meter.

7. Lynton and Lynmouth Cliff, Inggris
 Lynton dan Lynmouth
Selama berabad-abad kota Lynton dan Lynmouth dipisahkan tebing curam setinggi 260 meter, hingga tahun 1898 ketika jalur kereta ini dibangun. Saat ini jalur Lynton and Lynmouth masih menjadi jalur transportasi utama untuk penduduk kedua kota.

8. Cumbres & Toltec Scenic, Amerika Serikat
Cumbres & Toltec Scenic Railroad
Awalnya dibangun pada 1880, kini Cumbres & Toltec Scenic Railroad digemari oleh wisatawan atau penggemar kereta api. Kini rute yang melewati pegunungan Rocky Mountains ini tercatat sebagai jalur kereta uap paling tinggi di Amerika Serikat.

Baca Juga :
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.