Atasi Jerawat Punggung Serta Badan Dengan 5 Bahan Alami Ampuh Ini

Kata siapa jerawat cuma bisa bikin masalah di wajah? Jerawat bisa muncul di bagian tubuh manapun. Mungkin kamu sendiri juga termasuk yang mengalaminya di bagian dada atau punggung.

Layaknya wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat  pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

Bagaimana cara terbaik untuk mengatasi jerawat di badan? Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan.

1. Oatmeal

Ilustrasi oatmeal. Shutterstock/mama_mia
Oatmeal mengandung saponin, bahan pembersih alami yang cocok untuk kulit sensitif. Oatmeal akan membersihkan pori-pori dari kotoran penyebab jerawat tanpa menyebabkan iritasi.

Campurkan oatmeal yang sudah ditumbuk dengan sedikit air atau madu organik. Gunakan sebagai body scrub. Setelah itu cobalah berendam dengan air hangat yang sudah dicampur dengan oatmeal tumbuk. Rendaman ini akan menenangkan kulit yang berjerawat.

2. Baking soda

Ilustrasi baking soda. 2013/Shutterstock/jordache
Baking soda bisa membantu menyeimbangkan pH kulit, menangkal bakteri penyebab jerawat secara alami. Gunakan baking soda yang sudah dicampurkan dengan air hingga menjadi pasta kental untuk eksfoliasi seluruh tubuh.

3. Cuka apel

Ilustrasi cuka apel. Shutterstock/mama_mia
Sifat asam cuka apel tak hanya menyeimbangkan pH kulit, tetapi juga melawan bakteri penyebab jerawat dan meredakan inflamasi pada jerawat. Gunakan sebagai masker di bagian tubuh yang berjerawat atau campurkan dengan air mandi.

4. Garam laut

Ilustrasi garam laut. www.healthcareaboveall.com
Pilih garam laut, bukan garam meja sebagai bahan alami untuk body scrub. Garam laut akan membantu menyerap kelebihan minyak yang bisa menyebabkan jerawat. Sementara garam meja yang sudah ditambahkan kandungan yodium akan membuat jerawat semakin parah.

5. Scrub lemon dan madu organik

ilustrasi lemon dan madu. readersdigest.co.uk
Madu dan lemon sama-sama memiliki kandungan anti bakteri, cocok untuk menangkal kuman penyebab jerawat. Gunakan sebagai lulur tubuh atau campurkan dengan air dingin dan gunakan untuk mandi.

Jerawat di punggung biasanya terkait genetika seseorang yang memiliki produksi minyak berlebih dalam tubuhnya. Namun demikian, faktor gaya hidup juga berpengaruh, termasuk pemakaian produk perawatan tubuh. Maka agar risiko terkena jerawat kian minim, gaya hidup yang sehat dan bersih perlu diterapkan.

Itulah beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat di badan. Silakan coba sendiri dan buktikan khasiatnya.

Baca Juga :

  1. 6 Tips Menghilangkan Panas di Tangan Karena Cabai!
  2. Kulit Yang Dehidrasi Bisa Berpengaruh Penuaan Pada Kulit
  3. Mie Samyang Tidak Halal? MUI Peringatkan BPOM dan Kemenkes
  4. Amazing! Bukan Hanya 2 Macam, Tetapi Sampai 18 Jenis Kelamin di Thailand!
  5. Jangan Jadikan 7 Makanan Ini Makan Siangmu!

(ref: sandk, catatansandk.com, merdeka.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.