Bikin Baju Awet Sampai Usir Bau, Inilah 10 Manfaat Lain Dari Garam Meja

Selalu siap sedia garam halus di atas meja? Ternyata fungsinya bukan cuma menambahkan rasa pada makanan yang hambar, lho. Ada banyak kegunaan yang bisa kamu peroleh dari garam meja. Mulai dari menghilangkan aroma tak sedap berbagai benda, menjadikan pakaian berwarna lebih awet, sampai menyamarkan rasa getir dari sayuran pahit.

Garam Meja
Berikut ini kami tampilkan berbagai kegunaan sampingan dari garam meja selain untuk masakan.

Menjadikan pakaian berwarna lebih awet

Washing Machine Wizards menyarankan untuk menambahkan sekitar 2 sendok makan garam meja dalam air cucian. Tak hanya mempertahankan warna, garam juga bertindak sebagai pembersih noda yang membandel.

Rendam pakaian dalam air dingin yang sudah dicampur dengan garam selama beberapa waktu. Tunggu hingga garam terserap sempurna, kemudian cuci seperti biasa. Hal yang sama juga berlaku untuk pencucian dengan mesin.

Menghilangkan bau bawang dari tangan

Setelah mengiris bawang merah atau bawang putih, biasanya ada aroma menyengat yang tertinggal di tangan. Bau ini tak mau hilang meskipun kita sudah mencuci tangan dengan sabun. Untuk mengatasinya, gosok tangan yang sudah basah dengan sedikit garam meja selama beberapa waktu.

Meredakan infeksi dan radang

Garam bisa digunakan untuk meredakan infeksi yang menyebabkan peradangan pada jerawat, tenggorokan, dan luka. Larutkan garam dengan air hangat kemudian oleskan pada kulit atau gunakan untuk berkumur. Tetapi ramuan ini akan menghasilkan rasa perih. Untuk yang berkulit sensitif, sebaiknya pilih perawatan yang lebih ramah.

Menghilangkan bau tak sedap pada sepatu

Bau tak sedap pada sepatu yang terlalu sering dipakai bisa diatasi dengan mudah. Cukup taburkan garam meja pada bagian dalam sepatu dan diamkan semalaman di udara terbuka. Garam akan menyerap aroma tak sedap pada sepatu.

Menghilangkan noda pada peralatan dapur

Lingkaran kecokelatan pada cangkir atau panci? Biasanya ini disebabkan karena noda teh, kopi, dan bumbu yang mengering. Garam meja bisa digunakan sebagai pengganti baking soda untuk membersihkannya.

Cukup campurkan garam dan cuka, kemudian gosok pada peralatan makan yang ternoda. Biarkan selama satu atau dua jam, kemudian gosok dengan sabun cuci seperti biasa.

Mengurangi rasa getir pada sayuran pahit

Pare, daun pepaya, lobak, dan sayuran pahit lainnya bakal memiliki rasa yang lebih sedap jika diurap dengan garam terlebih dahulu. Taburi sayuran yang masih segar dengan garam, kemudian urap hingga layu. Setelah itu tinggal dicuci dan dimasak sesuai selera.

Mengatasi gatal karena gigitan nyamuk

Gatal atau pedih karena sengatan serangga pun bisa diatasi dengan garam. Cukup basahi kompres dengan air. Taburkan garam pada bekas sengatan, kemudian tutupi dengan dengan kompres.

Menjaga kesegaran buah

Selain bisa mengurangi rasa getir pada sayuran, taburan garam juga bisa menjadikan buah yang dipotong tetap segar. Trik sederhana ini bisa mencegah buah potong jadi kecoklatan dalam waktu singkat.

Sebagai pewangi ruangan alami

Campurkan garam meja dengan kulit jeruk, mahkota bunga mawar, atau minyak esensial favorit. Setelah itu letakkan di tengah atau sudut ruangan.

Menjadikan sayuran rebus tetap hijau

Sedikit garam pada air rebusan akan membuat warna sayuran hijau tetap cantik setelah matang. Tetapi jangan terlalu lama merebusnya agar sayuran tidak lembek.

Nah, demikian manfaat tak terduga garam meja dalam kehidupan sehari-hari. Lumayan, kan untuk penghematan?

Baca Juga :
  1. Mengapa Teknik Multitasking Tidak Efisien? Ini Buktinya!
  2. Ternyata Cangkang Telur Bisa Dijadikan Bahan Makanan Lho!
  3. Wow! Ternyata Beras Kencur Bisa Mengobati Sakit Maag, Jika di Minum Teratur!
  4. Manny, Kucing Lucu Yang Hobi Selfie
  5. Dimasa Depan, Inilah 7 Agama Dengan Populasi Terbesar di Dunia

(Ref: sandk, catatansandk.com, merdeka.com, Lifehacker, Boldsky)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.