Dikira Mangkuk Murahan Ternyata Benda Antik Peninggalan Dinasti Song Senilai 29,9 Triliun

Kelihatannya memang seperti mangkuk tua biasa. Tetapi objek dalam gambar di atas ternyata adalah sebuah karya seni antik dari China zaman kerajaan. Harganya pun tak main-main, mencapai $ 2.250.000 atau sekitar Rp 29,9 triliun.

Mangkuk antik Ding peninggalan Dinasti Song utara.
Dilansir CNN, mangkuk ini dibeli pada tahun 2007 di sebuah bursa barang bekas New York dengan harga $ 3 saja. Benda tersebut digeletakkan begitu saja di ruang tamu si pembeli selama bertahun-tahun. Setelah dibawa ke para pakar barang antik di rumah lelang Sotheby's, barulah diketahui kalau benda tersebut memiliki nilai yang jauh lebih besar.

"Pada saat itu, pembeli tidak tahu bahwa mereka telah memiliki harta berusia 1.000 tahun." kata Cecilia Leung dari Sotheby's.

Mangkuk antik Ding peninggalan Dinasti Song utara.
Awalnya, nilai mangkuk tersebut diperkirakan berkisar di angka $ 200.000 sampai $ 300.000. Tetapi akhirnya mangkuk Ding dibeli oleh dealer London, Giuseppe Eskenazi pada tahun 2013 dengan harga mencapai $ 2.250.000.

Menurut keterangan Sotheby's, mangkuk Ding merupakan salah satu benda berharga peninggalan Dinasti Song Utara. Mangkuk tembikar ini terbilang langka. Selain mangkuk yang kini berada di tangan Giuseppe Eskenazi, hanya ada satu mangkuk serupa yang dikoleksi British Museum, London selama lebih dari 60 tahun. 

Baca Juga :
  1. 7 Rutinitas Yang Seharusnya Kamu Lakukan Untuk Menghemat Waktu!
  2. Sekuat-Kuatnya Wanita Jika Kena 5 Masalah Ini Pasti Akan Stres!
  3. Di Jogja Ada Perayaan Melupakan Mantan Lho! Tapi, Perayaan Tahun Ini di Protes
  4. Masyaallah, Ternyata Ini Rahasia di Balik Sejuknya Lantai di Sekitar Ka'bah
  5. 7 Bau Parfum Teraneh di Dunia, Ada Yang Berbau Sperma Hingga Darah

(Ref: sandk, catatansandk.com, cnn.com, merdeka.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.