Ini Penjelasan, Mengapa Umat Islam Harus Selalu Bersyukur?

Bersyukur adalah kemampuan menghargai apa yang didapat, apa yang dialami dan dapat memandang dari sisi positif apa yang terjadi walaupun tidak selalu berkenan di hati. Jika hidup mampu bersyukur maka akan selalu ada kebahagiaan dari setiap kejadian. Bahagia tidak begitu sulit jika orang hidup dalam syukur.

Ilustrasi
Salah satu cara agar tidak merasa kekurangan dan merasa sempit adalah dengan bersyukur kepada Allah. Dalam beberapa ayat di Alquran disebutkan berkali-kali tentang bersyukur.

Lantas, mengapa manusia wajib bersyukur. Melansir dari Soundvision, Kamis (2/2/2017) ada banyak hal dan keuntungan mengapa manusia harus bersyukur. Berikut ini berapa ayat dan alasan untuk manusia bersyukur kepada Allah. 

Berkah Allah SWT tak terhitung 

Senantiasa bersyukur kepada Allah atas segala sesuatu yang Anda miliki termasuk kekayaan, kesehatan, status, kemampuan intelektual dan kehidupan. Allah berfirman, “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat mengetahui jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."(An-Nahl 16: 17-19). 

Setan membuat manusia lupa berterimakasih 

Dari awal penciptaan manusia ini, isu terima kasih dan syukur kepada Allah telah diperdebatkan. Setelah setan menolak tunduk kepada Adam, Iblis berkata: "Lalu aku pasti akan datang kepada mereka dari depan mereka dan dari belakang mereka, dan dari sisi kanan dan dari sisi kiri, dan agar tidak beryukur kepada Allah. " (Al-A'raf 7:17) 

Kebalikan bersyukur (syukur) adalah kufur (kekafiran) 

Dalam beberapa ayat Alquran, Allah membandingkan istilah bersyukur dan kekufuran. “Maka igatlah kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku “. (Al-Baqarah 2: 152). Bersyukur untuk diri sendiri Jika Anda tidak tahu berterima kasih, tidak ada pengaruhnya bagi Allah. Jika Anda bersyukur, maka Anda mengambil langkah pertama dengan keyakian kepada Allah. Nabi Muhammad mendesak kita untuk "Cinta Allah seperti yang kita mendapatkan keuntungan dari kasih karunia-Nya" (Tirmidzi). Allah mengingatkan kita: "Dan siapa pun bersyukur, dia hanya bersyukur untuk kepentingan diri sendiri" (Luqman 31:12).

Mari kita bersyukur terhadap segala yang kita alami dalam hidup ini.

Baca Juga :

  1. Menyedihkan, 30 Sampah Plastik Ditemukan dari Dalam Perut Paus Yang Mati Terdampar
  2. Daftar 8 Negara Pengutang Terbesar di Dunia, Indonesia?
  3. Astaga, Seekor Ular Piton Diurut agar Muntahkan Bola Tenis yang Ditelannya
  4. Apakah Mandi Setiap Hari Tidak Baik Untuk Kesehatan?
  5. Pernah Mengalami Kehilangan, Inilah Hikmah Yang Bisa Diambil di Balik Kehilangan

(Ref: sandk, catatansandk.com, lifestyle.okezone.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.