Ini Tips Agar Tak Mudah Sakit, Dikala Cuaca Tak Menentu!

Sering sekali kita mendengar bahwa akan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Tapi kadang karena faktor cuaca yang tidak menentu, tubuh kita akan gampang sekali terkena virus. Jika sudah terjadi, maka kita akan kerepotan sendiri menyembuhkannya. 

Dan agar sistem kekebalan tubuhmu tetap terjaga dengan baik, Yuk coba ikuti tips ini!

Menjaga kesehatan
Minum Air Putih yang Cukup

Seperti yang dikutip oleh prevention.com, Jamey Wallace, MD, kepala petugas medis di Bastyr Center untuk Natural Health di Seattle memaparkan bahwa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik bisa mencegah kita terkena infeksi. Ia mengatakan bahwa selaput lendir dan sel-sel imun di sekresi kita bertugas untuk melawan virus penyakit flu, dan fungsinya tidak akan berjalan baik jika kita dehidrasi. Selalu bawa botol air minum yang bisa diisi ulang setiap saat. Sehingga kalau sewaktu-waktu kamu membutuhkannya kamu tak kesulitan dan terhindar dari dehidrasi.

Lakukan Meditasi Ringan

Tahukah kalau kondisi pikiran kita bisa mengurangi risiko kita terkena flu sebesar 40 hingga 50 persen? Menurut penelitian dari University of Wisconsin, Madison pada tahun 2012, 55 orang yang melakukan teknik menenangkan pikiran bisa memiliki 13 jenis penyakit lebih sedikit dan 51 hari bebas penyakit lebih banyak daripada orang-orang dari grup kontrol selama musim pilek dan flu. Hal ini terjadi karena meditasi bisa mengurangi pengaruh fisik yang disebabkan oleh stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sesibuk apapun dirimu, tetap luangkan waktu untuk istirahat dan menenangkan pikiran, ya. 

Penting juga untuk mendapatkan tidur yang cukup. Soalnya sistem imun kita butuh istirahat untuk bisa tetap sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University, disebutkan bahwa meskipun orang-orang mengklaim bahwa mereka merasa segar setelah tidur kurang dari tujuh jam per hari, tapi sebenarnya mereka memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar terkena flu dibandingkan orang-orang yang bisa tidur sedikitnya delapan jam setiap harinya. 

Batasi Konsumsi Makanan yang Manis-Manis

Makan yang manis-manis boleh asal jangan sampai berlebihan. Dalam sebuah penelitian di Loma Linda University, orang-orang yang mengonsumsi 6 sdm gula (baik dari jus jeruk, madu, atau minuman manis lainnya), sel-sel darah putih yang bisa mencegah infeksi kehilangan kemampuannya untuk membunuh bakteri dan virus. Bahkan sistem kekebalan tubuh kita bisa menurun selama beberapa jam setelah kita makan atau minum yang manis-manis. 

Sementara itu untuk bisa menguatkan sistem imun tubuh, kita bisa perbanyak konsumsi bawang putih. Alisin, kandungan yang ada di dalam bawang putih bisa melawan virus. Mengonsumsi dua siung bawang putih setiap harinya bisa membantu kita agar tidak mudah jatuh sakit. Cara yang cukup mudah, kan? 

Olahraga 30-60 Menit Per Hari

Buat yang super sibuk, meluangkan waktu untuk olahraga mungkin sulit. Tapi berolahraga 30 hingga 60 menit sehari manfaatnya bisa memperlancar aliran darah sehingga sel-sel imun dapat tersalurkan ke semua bagian tubuh. Akan lebih baik lagi bila kamu bisa melakukan olahraga lima hari selama seminggu secara rutin.

Jaga Kebersihan Tangan

Sering-seringlah mencuci tanganmu, khususnya kalau kamu baru saja menyentuh sesuatu yang dicurigai mengandung bakteri atau kuman. Tapi mencuci saja tidak cukup. Pastikan juga kamu mengeringkan tanganmu setelah mencucinya. Soalnya bakteri masih bisa menempel di tangan yang masih basah. Penting juga untuk mengganti handuk yang basah dengan handuk kering sesering mungkin.

Baca Juga:
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.