Inilah 7 Binatang Kecil dengan Kemampuan Merusak Paling Besar di Dunia

Kita ketahui bahwa serangga sangatlah berguna untuk kelangsungan hidup alam, namun ada beberapa hewan kecil ini yang nyatanya sangat merusak.

Jika binatang kecil berkelompok dalam jumlah besar, baik kumbang, cacing atau belalang. bisa akibatkan kerugian besar bagi panen, juga bagi penyediaan pangan. Ini beberapa yang paling merugikan.

1. Kecil Tapi Mematikan

Bark Beetle
Kumbang "Bark Beetle" berkembang biak di bagian dalam kayu. Hewan ini punya reputasi "pembunuh". Kebanyakan spesies kumbang ini menyerang pohon yang sudah mati, hampir mati atau lemah. Tetapi ada juga yang menyerang pohon yang sehat. Perannya dalam ekologi hutan sering dipertikaikan pakar. Ada yang menyebut hewan ini berjasa dan ada yang menyebut hama.

2. Sebabkan Daun Berubah Warna dan Gugur

Camereria Ohridella
Serangga kecil bernama latin "Cameraria Ohridella" menyebabkan warna daun berubah jadi oranye atau coklat dan gugur walaupun belum musim gugur. Serangga ini pertama kali diamati di bagian utara Yunani tahun 1980-an, kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Larvanya bisa berpindah-pindah pohon. Namun demikian, di musim semi daun akan kembali tumbuh lagi.

3. Bahaya Jika Menyerang dalam Jumlah Besar

Belalang
Belalang mengakibatkan kerugian besar bagi pertanian Terutama belalang padang pasir bisa bergerombol hingga 80 juta ekor. Hewan ini membinasakan tanaman produksi. Belalang setiap hari mengkonsumsi makanan seberat bobot tubuhnya. Gerombolan jutaan belalang bisa melumat 190 juta kilo bahan pangan setiap hari.

4. Jejak Siput Yang Mematikan

Siput
Dengan matanya yang panjang dan bentuk tubuh yang indah, banyak orang menganggap keong itu imut dan perlu dikasihani. Tapi petani berpendapat beda . Mahluk kecil bercangkang yang punya jejak lendir ini bisa melahap tanaman pangan, misalnya selada hijau, kol, dan brokoli dalam jumlah besar, hingga merugikan petani.

5. Hidup Singkat, Tapi Sibuk

Pea Aphid
Seperti banyak hama lainnya yang diberi nama berdasarkan sasarannya, serangga ini disebut Pea Aphid karena menyasar buncis (pea). Panjang tubuhnya hanya 4 mm, dan hanya hidup selama 12 hari. Tapi hewan ini mampu menghisap cairan dari tanaman yang diserbu, sehingga menyebabkan kematian dalam proses itu. Selama hidupnya yang singkat, hewan betina bisa memproduksi 100 anak.

6. Rayap Merusak

Rayap
Rayap, gundukan tanah dan konstruksi kayu yang rusak. Itu bisa dibilang sinonim. Tapi rayap jenis tertentu juga suka menyerang tanaman pangan, terutama jagung. Rayap ini memakan bagian dalam akar dan pangkal tanaman. Awalnya menyebabkan tanaman melemah dan akhirnya mati. Hewan ini juga menyerang perkebunan teh dan kopi, juga sawit, karet dan tebu di Afrika.

7. Buruk bagi Lebah Madu

Varrora
Serangga yang disebut Varroa Mite atau Varroa penghancur adalah "kabar buruk" bagi lebah madu dan bisa membinasakan sepenuhnya sebuah koloni. Sebagai parasit, hewan ini menempatkan diri pada tubuh lebah serta menghisap cairan dalam tubuh, dan pada saat bersamaan melemahkan sistem kekebalan tubuh lebah sehingga mudah terserang penyakit.

Baca Juga :
  1. Inilah Beberapa Kejadian Sebelum Munculnya Dajjal Ke Dunia
  2. Inilah 8 Kota di Dunia Dengan Transportasi Umum Paling Berbahaya Bagi Perempuan.
  3. Bikin Geram, Video Remaja Mengamuk di Masjid dan Pukul Lelaki Tengah Solat Bikin Nitizen Naik Darah!
  4. Wow Tak Bisa Dipercaya, Pria Ini Temukan Ikan Aneh Saat Menggali di Padang Pasir Tandus di Afrika Barat
  5. 4 Makanan Yang Harus Kamu Hindari, Jika Kulitmu Kering!

(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.