Jangan Khawatir Memiliki Kuku Kuning? Ini Cara Mengatasinya!

Cat kuku menjadi aksesoris yang sangat diburu oleh kaum wanita. Bukan hanya dengan warna yang cantik, wanita menggunakan cat kuku karena terbiasa dan merasa kurang jika tidak menggunakannya. Dengan seringnya Anda menggunakan cat kuku, tentu berdampak pada warna kuku yang kekuningan akibat kehilangan oksigen karena pembersihan cat kuku dengan aseton yang cukup sering. Nggak perlu khawatir, kami punya cara mudah untuk membuat kuku Anda cerah kembali. Yuk langsung saja simak!

Ilustrasi Kuku
1. Periksa Kesehatan Kuku Anda

Tidak semua warna kuning pada kuku terjadi akibat penggunaan cat yang berlebihan. Bisa saja, warna kuning yang timbul adalah indikasi adanya jamur yang bersarang. Jika Anda jarang menggunakan cat kuku namun kuku Anda sering menguning, ini tandanya Anda harus waspada. Segera periksakan kuku Anda jika tak mau menyesal nantinya.

2. Hentikan Cat Kuku Sementara

Warna kuning pada kuku juga bisa diakibatkan kurangnya oksigen pada kuku karena kuku terlalu sering dibersihkan dengan aseton. Nah untuk mengembalikan warna alami, biarkan kuku tanpa diwarnai dalam jangka waktu tertentu yang Anda sesuaikan sendiri. Bisa 2 minggu - 1 bulan, dan ada juga kuku yang butuh waktu istirahat lebih lama dari itu.  Let them free!

3. Gunakan Lemon

Segudang manfaat buah lemon, mulai dari bahan masakan hingga mencerahkan wajah memang sudah banyak dikenal. Kandungan vitamin C yang tinggi terbukti ampuh mengatasi warna kuning pada kuku juga lho! Cukup dengan menggosok irisan lemon ke kuku secara rutin dengan perlahan, maka kuku Anda akan kembali cantik.

4. Manfaatkan Pasta Gigi

Pasta gigi dirancang untuk membersihkan enamel gigi. Nah, zat penyusun gigi dan kuku memiliki karakteristik yang sama. Karena itu pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda kuning pada kuku Anda. Caranya sama seperti saat akan menyikat gigi, hanya saja kali ini Anda melakukannya pada kuku Anda. Tapi ingat ya, pastikan menyikat kuku dengan perlahan agar tak merusak permukaan kuku. Pilih juga sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang halus (yang biasanya digunakan untuk gigi atau gusi sensitif).

5. Cerahkan Dengan Baking Soda

Baking soda merupakan pemutih natural yang mampu mengembalikan warna asli kuku. Tidak hanya itu, produk yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya sangat mudah. Buat campuran kental dari baking soda dan air, kemudian lapisi kuku dengan bahan campuran tersebut. Diamkan selama 30 menit sampai satu jam, lalu bilas sampai bersih. Lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Rendam Kuku dalam Air Susu

Susu sangat kaya akan lactic acid. Untuk kuku, kandungan ini berperan sebagai eksfolian sehingga mampu membersihkan kuku yang terlihat kusam. Panaskan secangkir susu murni sampai terasa hangat. Kemudian rendam kuku Anda selama 15 menit, bilas, keringkan lalu oleskan pelembap kuku favorit Anda. Lakukan secara berkala setiap dua minggu sekali.

7. Jangan Lupakan Base Coat

Bukan hanya sebagai “ritual” dalam memoles kuku, base coat dapat melindungi kuku dari kandungan kimia yang membuat kuku berwarna kuning. Base coat juga berguna untuk mencegah kuku Anda kering dan mudah patah karena aplikasi cat kuku. Jadi, jangan lupakan tahap ini sebelum menggunakan cat favorit Anda ya!

Nah, sekarang Anda tak perlu takut kuku terlihat kusam lantaran terlalu sering menggunakan cat kuku. Lakukan tips di atas secara rutin dan ucapkan bye-bye kuku kuning!

Baca Juga:
  1. 6 Tips Menghilangkan Panas di Tangan Karena Cabai!
  2. Kulit Yang Dehidrasi Bisa Berpengaruh Penuaan Pada Kulit
  3. Mie Samyang Tidak Halal? MUI Peringatkan BPOM dan Kemenkes
  4. Amazing! Bukan Hanya 2 Macam, Tetapi Sampai 18 Jenis Kelamin di Thailand!
  5. Jangan Jadikan 7 Makanan Ini Makan Siangmu!
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.