Jangan Panik! Ini Cara Merawat Laptop Yang Menggunakan Baterai Non-Removable

Mungkin kamu ketakutan jika baterai laptop kamu yang Non-removable akan cepat bocor dan kamu bingung untuk menggantinya.Baterai laptop yan removable saja terkadang hanya tahan 3 sampai 4 tahun saja dan kemudian membeli lagi. Tapi jika Non-Removable bagaimana menggantinya? Banyak laptop keluaran baru yang menerapkan baterai Non-removable seperti Asus Zenbook, Apple Macbook dan lain sebagainya.

Namun masih belum banyak yang membahas bagaimana cara merawat baterai Non-Removable yang benar. Yuk langsung saja simak!

Baterai non-removable
Perhatikanlah suhu laptop

Memang ini bukan hanya masalah yang menimpa baterai non-removable, baterai removable atau yang bisa dilepas pun tetap harus memperhatikan suhu laptop. Hal ini tetap saja banyak yang mengabaikannya, padahal suhu adalah faktor yang sangat penting supaya bisa menjaga baterai laptop dalam kondisi yang paling baik. 

Suhu yang ektrim yakni suhu yang paling panas dan dingin memang menjadi hal yang menakutkan untuk baterai. Namun suhu panas yang paling menakutkan. Oleh karena itu, Anda pun bisa menjaga suhu ruangan serta laptop di kondisi yang cocok. Maka buatlah suhu di ruangan Anda stabil serta tak terlalu panas.

Di samping itu, cobakan Anda tak memakai laptop tersebut di atas bantal atau kasar karena beberapa  material ini dari justru membuat panas laptop Anda.

Perhatikan proses dalam mengisi baterai serta pemakaiannya

Bisa jadi Anda bertanya, lantas kapan waktu yang pas untuk memakai laptop dengan daya dari baterai serta kapan memakai laptop dengan memakai daya langsung memakai listrik rumah. Jika harus memilih sebenarnya 2 cara ini dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun.

Saat ini tak masalah jika Anda menyambungkan laptop ke listri seharian penuh ketika sedang berada di kantor ataupun di rumah. Tentu saja laptop paling baru saat ini memang sudah dirancang untuk bisa menjaga daya k eke baterai supaya tak ada lagi over-charge.

Namun tetap harus diingat untuk menjaga proses charge yang tak mendatangkan panas yang berlebih sehingga tetap bisa menjaga suhu ruangan Anda.

Jangan Pernah menghabiskan baterai sampai 0%                       

Ingatlah jika masa pakai laptop dan baterai itu tetap ada sehingga tidak bisa dipakai selamanya. Ada beberapa hasil penelitian yang menunjukkan jika baterai dengan pemakaian berlebihan hingga dayanya habis sama sekali 0% memiliki usia yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan memakai baterai yang sudah di charge sebelum habis. 

Pastikan Baterai Anda Selalu Diisi

Salah satu bagian penting di dalam menjaga daya baterai laptop non-removable ialah tingkat terisi daya dalam baterai. Setidaknya Anda dapat menyimpan 50 sampai 70% pada saat disimpan di dalam temperature 20 sampai 25 derajat Celcius.

Semisal Anda berencana untuk lama tak memakai laptop di dalam waktu yang lama maka pastikanlah jika baterai telah terisi penuh karena baterai ini tidak bisa dicopot dari laptop. Selain itu simpanlah laptop di ruangan yang memiliki suhu normal, ingatlah jangan menaruhnya di ruangan yang pengap karena biasanya di ruangan ini suhunya lebih panas dibandingkan suhu ruangan yang normal. 

Lalu berapa lamakah baterai Anda bisa bertahan lama?

Jika berbicara tentang ini maka akan mempunyai jawaban yang berbeda karena sangat bergantung dari merek laptop tersebut. Ada yang dapat bertahan hingga 18 bulan sebelum akhirnya daya baterai akan menurun.

Lebih kurang inilah 5 cara yang dapat dilakukan untuk bisa merawat baterai laptop non-removable Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga:
  1. Ingin Rambut Lurus Tanpa Bahan Kimia, Pria Lakukan Cara Alami Ini
  2. Uniknya Tradisi Pasar Jodoh Yang Ada di Seluruh Dunia
  3. Stop Melakukan Kebiasaan Menyeduh Kopi Ataupun Teh Terlalu Panas! Ini Alasannya!
  4. Astaga, Apa Benar Wi-Fi Bisa Membunuh Manusia Secara Perlahan? Ini Jawabannya
  5. Masya Allah, Inilah Keajaiban Air Zam-Zam Dari Anti Kuman Hingga Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit Kronis
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, harianbernas.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.