Kenapa Warna Dengan Tampilan Cantik Bisa Mempengaruhi Porsi Makanmu?

Biasanya selain rasa ada lagi yang membuatmu tertarik untuk memakannya. Hmm .. apa ya? Aromanya? mungkin saja iya atau mungkin bisa jadi karena tampilannya? Salah satu faktor yang paling cepat membuat orang tertarik untuk mencobanya pastinya adalah tampilannya, apalagi dari warna yang cerah membuat orang tambah nafsu makan.

Jika yang satu ini sudah eye-catchy, maka mudah sekali dipilih. Itulah mengapa, warna makanan juga memiliki peran penting menentukan apakah kamu makan lebih banyak atau tidak. Menurut sebuah penelitian, warna makanan di piring mampu mengukur porsi makan setiap harinya.

Penampilan makanan
Para peneliti, Dr. Brian Wansink dan Dr. Koert van Ittersum, menemukan bahwa kontras warna makanan dan warna dasar piring akan menciptakan ilusi optik (dikenal dengan ilusi Delboeuf) yang bisa menimbulkan atau mematikan nafsu makan.

Dalam penelitian, peneliti mengadakan tes efek kontras warna pada 60 orang. Separuh partisipan diberi makanan dengan piring putih berisi pasta dengan saus tomat atau Alfredo, dan separuh lainnya disajikan makanan dengan piring merah.

Hasilnya, warna kontras yang rendah dengan makanan bisa menekan nafsu makan. Partisipan yang makan dengan piring putih, makan 30% lebih banyak dibanding partisipan yang disajikan makanan dengan piring merah (yang mana sewarna dengan makanan yang disajikan).

Jadi, jika kamu ingin mengurangi porsi makan, makanlah dengan wadah yang sewarna dengan makananmu. Jika kamu makan sayuran, pakai piring warna hijau, jika makan pasta dengan saus merah pakai piring warna merah dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu bisa menekan nafsu makan dan diet

Baca Juga:
  1. 5 Fakta Berbahaya di Balik Usb Type-C
  2. Keji, Beginilah Penyiksaan Polisi Myanmar Terhadap Warga Rohingya Yang Terekam Kamera Video
  3. Tahukah Kamu Uang Koin Termahal di Dunia? 1 Koinnya Bahkan Mencapai 13 Juta Rupiah!
  4. Akhal Teke, Kuda Atletis dan Juga Berbulu Emas!
  5. Astaga, Segelintir Warga Papua Robek Serta Bakar Bendera Merah Putih Ini Viral di Sosial Media
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.