Ketika Tubuhmu Memberi Tanda-Tanda Ini, Maka Istrahatilah Tubuhmu!

Banyak orang yang nelum tahu, jika stress bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan yang tinggi dan kadang mempengaruhi kondisi fisik. Walupun fikiran kita berkata kita tidak stress tapi tubuhmu bisa merasakan yang sesungguhnya lho. Ketika tubuhmu memberi sinyal yang tidak biasanya, itu bisa jadi pertanda kita sedang stress.

Kalau kondisi tubuh sudah tak lagi seperti biasa, penting untuk bisa ambil cuti atau minimal luangkan waktu khusus untuk istirahat. Demi kesehatan dan kestabilan fisik serta mental, jangan sampai stres makin parah dan menimbulkan penyakit serius karena kita mengabaikan sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh.

Ilustrasi
Secara umum, kamu itu butuh ambil cuti dan istirahat segera bila mengalami empat hal ini. Yuk, kita kupas satu per satu.

Sakit Flu Nggak Sembuh-Sembuh

Tubuh bisa lemah dan tak bertenaga ketika stres. Belum lagi dengan kadar hormon kortisol yang terganggu sehingga kekebalan tubuh menurun. Kemampuan alami tubuh untuk melawan bakteri dan virus juga semakin menurun. Dampaknya sakit flu yang dialami susah sembuh. Baru sembuh sedikit, eh sakit lagi. Kalau kondisinya seperti ini, selain menghubungi dokter, kamu harus banyak-banyak istirahat juga.

Makin Sering Jadi Pelupa

Lupa akan janji yang sudah dibuat. Atau tiba-tiba lupa menaruh kunci, padahal baru saja dipegang. Saat kamu semakin mudah lupa, itu tandanya tubuhmu sedang mengalami stres. Ketika stres, glukosa dan energi dalam tubuh dialihkan ke area lain di otak untuk mengatasi stres. Sehingga fungsi di sejumlah bagian otak lain pun, seperti kemampuan untuk mengingat, akan berkurang.

Penjelasannya tambahannya begini. Stres dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk mendapatkan kembali informasi dari area tertentu di otak kita. Sementara itu tubuh kita akan melepaskan sejumlah hormon yang berperan untuk mengatasi stres, biasanya kortisol. Salah satu dampak buruknya adalah mempengaruhi kemampuan kita untuk mencerna pesan atau mengingat. 

Kamu Makin Sering Mengalami Mimpi-Mimpi Aneh

Coba cek lagi kualitas tidur dan mimpi-mimpi yang kamu dapat saat tidur. Kalau makin sering mengalami mimpi aneh, itu bisa jadi tanda kamu sedang stres. Ternyata mimpi bisa menjadi sebuah medium pikiran kita untuk memproses apa yang telah terjadi dalam keseharian. Mimpi-mimpi aneh seperti ketinggalan pesawat atau menghadiri acara pernikahan sendiri tapi belum memiliki gaun pengantin merupakan sinyal-sinyal yang menunjukkan bahwa kamu sedang stres. 

Tapi kehadiran mimpi aneh bisa membuat kita lebih awas lagi. Mimpi aneh bisa jadi sinyal atau pertanda bahwa ada sesuatu yang harus segera kita lakukan dan tuntaskan. Ada hal yang perlu kamu bereskan untuk bisa tenang. So, carilah waktu luang dan bebaskan diri untuk merilekskan pikiran supaya bisa segera menemukan jalan keluar yang tepat. 

Otot-Otot Tubuh Rasanya Kaku dan Tegang Semua

Apakah otot-otot tubuhmu terasa kaki dan tegang? Bisa jadi itu tanda kamu sedang stres. Saat kita merasa cemas, tubuh akan memberikan respon alami dengan menegangkan otot-otot tubuh khususnya di area leher, punggung, dan bahu. Hal ini bisa terjadi tanpa kita sadari. Itulah kenapa ketika kita merasa stres atau cemas, otot-otot bisa menegang kaku dan bahkan bisa terasa sakit sekali untuk digerakkan. Cobalah untuk jalan-jalan santai demi merilekskan tubuh dan pikiranmu.

Kalau kamu merasakan hal-hal tersebut, segera luangkan waktu untuk istirahat, ya. Jangan sampai terlambat karena bisa berisiko munculnya penyakit-penyakit berbahaya dan serius. 

Baca Juga:
  1. Ini Alasannya Kenapa Diet Clean Eating Tidak di Anjurkan Oleh Peneliti!
  2. Astaga, Tak Tahan Jadi Budak Seks Ayah Tiri, Gadis Ini Bunuh Diri Secara Live "Langsung"
  3. 5 Alasan Kenapa Anda Harus Berhenti Makan Mie Instan
  4. Ternyata Nabi Muhammad Pernah Menyebut Orang Indonesia Termasuk Umat yang Paling Dicintainya
  5. Kapan Waktu Bagi Wanita Untuk Mulai Sholat Dzuhur di Hari Jum’at
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.