Kuasai Hal-hal ini Bisa Punya Karir Cemerlang di Usia 30 Tahun

Usia 30 tahun adalah usia seseorang yang telah mencapai tingkat kematangan, baik kehidupan personalnya maupun kariernya. Malah ada yang menganggap usia ini sebagai batas maksimal seseorang untuk 'bermain-main' dalam hidupnya. Sebab sebelum mencapai usia ini, seseorang telah diberikan kesempatan mencari jati diri, mencoba, gagal, dan berusaha bangkit kembali.

Ilustrasi pengusaha. ©Shutterstock.com/Minerva Studio
Karena pandangan itu juga, usia 20-an dikatakan sebagai tahap yang sangat penting karena seseorang harus memaksimalkan dirinya demi mencapai tujuannya. Tentunya hidup seseorang dipengaruhi banyak hal. Salah satunya adalah karier. Apakah mungkin seseorang mencapai kesuksesan karirnya sebelum usia 30?

Kuasai hal-hal ini bisa punya karir cemerlang di usia 30 tahun. Berikut hal ini seperti dilansir cermati.com:

1. Komunikasi

Anda tidak bolehmenyepelekan pentingnya komunikasi saat sedang menjalani karier. Tak peduli Anda berstatus sebagai bawahan ataupun atasan. Pertama, Anda harus belajar mengenai cara menyampaikan pendapat yang benar tanpa menyinggung lawan bicara. Misalnya, pada suatu rapat, Anda memiliki ide yang tampaknya cukup baik. Hindari diri Anda untuk langsung memotong pembicaraan atau ide yang tengah disampaikan rekan Anda.

Selanjutnya, dalam komunikasi, Anda pun harus mampu menjadi pendengar yang baik bagi atasan dan kolega kerja. Sebisa mungkin cobalah untuk tidak memulai atau ikut campur atau terlibat gosip di tempat kerja. Selain tidak sopan, gosip merupakan sumber masalah yang bisa memicu terjadinya konflik dalam hubungan kerja. Tentu Anda tidak ingin masuk ke dalam pusaran konflik di tempat kerja.

2. Keterbukaan pikiran

Jika Anda ingin terus belajar, bersiaplah untuk menerima kritik dan saran dari rekan kerja. Mempunyai pikiran yang terbuka dapat membantu untuk mengembangkan karier. Cara Anda menanggapi kritik jadi ukuran penilaian dari profesionalitas dan kedewasaan ketika menghadapi masalah. Misalnya, Anda mendapat kritik saat memaparkan konsep/ide dalam rapat. Cara bijak untuk menerimanya adalah dengan mengucapkan terima kasih terlebih dahulu. Kemudian sampaikan keinginan Anda untuk introspeksi dan mempertimbangkan pendapat lawan bicara Anda.

3. Kepemimpinan

Mempunyai keahlian sebagai pemimpin yang andal termasuk bagian penting dalam pengembangan karier Anda. Tidak menutup kemungkinan suatu hari Anda diberikan kepercayaan untuk memimpin sebuah tim. Tanpa leadership yang efektif, pertama, Anda tidak dapat mengatur kinerja tim. Kedua, Anda pun tidak mampu mengeluarkan potensi terbaik dari para pegawai.

Dari tahap karier yang sekarang, Anda sebenarnya sudah dapat melatih skill kepemimpinan. Mulailah dari rapat antara sesama pegawai. Kewajiban Anda sebagai pemimpin rapat sangat diperlukan agar rapat berjalan dengan nyaman dan efektif. Contohnya, Anda dapat memulai dan mengakhiri meeting secara tepat waktu, memberikan setiap orang kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapat mereka, dan sebagainya.

4. Negosiasi

Kemampuan negosiasi juga sangat penting untuk dilatih agar Anda mendapatkan kesuksesan karier dengan cepat. Negosiasi dibutuhkan pada saat Anda menjual produk atau jasa perusahaan ataupun diri Anda sendiri kepada perusahaan. Negosiasi juga harus dilatih agar negosiasi gaji berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan. Negosiasi gaji penting karena gaji adalah motivasi utama untuk bertahan pada satu perusahaan. Semakin sering Anda melatih kemampuan negosiasi ini, semakin terbiasa Anda melakukan negosiasi yang efektif.

5. Relasi

Relasi atau networking adalah salah satu kunci utama kelangsungan karier. Dengan networking, Anda akan menemui profesional dari segala bidang dan jabatan. Di samping itu, Anda bisa meminta bantuan dari relasi bila ada masalah dalam pekerjaan. Anda pun akan menambah pengalaman dengan belajar dari apa yang telah mereka lewati. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengikuti setiap pertemuan yang diadakan perusahaan Anda atau perusahaan lain yang sesuai dengan bidang karier Anda.

Relasi juga dapat terjadi ketika Anda mencari teman. Carilah teman-teman yang memiliki jabatan tinggi, seperti eksekutif. Ini bukan berarti memilih-milih teman, melainkan Anda membuka peluang bagi orang-orang tersebut untuk menjadi mentor ataupun sponsor.

Baca Juga :
  1. Ketika Tubuhmu Memberi Tanda-Tanda Ini, Maka Istrahatilah Tubuhmu!
  2. Waw Unik! Ilmuan Ini Dapat Menciptakan Ayam Tanpa Bulu!
  3. Makan Mentimun Setiap Hari, Ini Yang Akan Kamu Rasakan
  4. Tak Disangka, 50 Tahun Jadi Pegangan Pintu, Ternyata Sebuah Karya Seni Senilai 9,8 Miliar
  5. Ini Penjelasan, Mengapa Umat Islam Harus Selalu Bersyukur?

(Ref: sandk, catatansandk.com, cermati.com, merdeka.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.