Menggemaskan, Inilah Chinchilla Hewan Berbulu Halus Asal Pegunungan Andes

Chinchilla dan kerabatnya viscacha, adalah hewan pengerat (ordo: Rodentia) yang berasal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan dan merupakan anggota familia Chinchillidae. Di Tiongkok, hewan ini disebut lóng māo, yang arti literalnya adalah "kucing naga".

Chinchilla (@Stylelog)
Rambutnya dianggap sebagai rambut terhalus di dunia dan tiga puluh kali lebih halus dari rambut manusia. Chinchillas harus secara rutin dimandikan dengan debu vulkanik untuk membuang minyak dan tetesan air yang mengumpul di rambut tebal mereka. Pada kenyataannya, mereka memiliki kepadatan rambut tertinggi di antara hewan darat dengan 20.000 rambut per sentimeter persegi. Rambut mereka juga begitu padatnya hingga parasit kulit (seperti kutu) tidak dapat hidup karena akan mati tercekik. Jika rambut manusia tumbuh dari tiap folikel, seekor chinchilla dapat memiliki 50 rambut dari satu folikel.

Perdagangan internasional chinchilla telah dimulai sejak 1500-an dan hewan yang arti harfiah namanya adalah "Chincha kecil" ini diberi nama dari suku Chincha dari Andes yang mengenakan kulit rambut hewan ini sebagai pakaian. Pada akhir abad ke-19, chinchilla telah menjadi hewan langka.

Chinchilla adalah hewan nokturnal yang mencari makan di malam hari. Mereka merupakan hewan omnivora yang suka memakan rumput, buah, biji, serangga, dan telur burung. Di siang hari, mereka lebih banyak tinggal di dalam lubang atau celah bebatuan. Di alam liar, Chinchilla hidup secara berkelompok di mana satu kelompok anggotanya bisa mencapai 100 ekor. 

Chinchilla hidup secara monogami dan tidak memiliki musim kawin yang spesifik. Mereka bisa melakukan reproduksi kapan saja. Sesudah melakukan perkawinan, chinchilla akan memasuki periode kehamilan yang mencapai 111 hari. Setelah lahir, anakan chincilla akan menyusu pada induknya hingga usia sekitar 8 minggu. Seekor chinchilla bisa hidup hingga usia 10 tahun (20 tahun dalam tangkapan) dan mencapai ukuran 30 cm. 

Karena bulunya yang halus, chinchilla kemudian diburu oleh manusia untuk dijadikan bahan pakaian. Di awal abad ke-20, bulu chinchilla bisa dihargai $ 100.000. Imbasnya, chinchilla kini menghadapi bahaya kepunahan akibat eprburuan liar. Selain itu, perusakan habitat juga ikut memberikan andil dalam menurunnya populasi chinchilla. Saat ini perburuan chinchilla sudah ditentang dan dilindungi dengan Convention on International Trade of Endangered Animals (CITES). Untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik untuk diambil bulunya maupun untuk dijadikan hewan peliharaan saat ini chinchilla sudah diternakkan secara massal. 

Sekarang yuk mari kita lihat foto-foto dari hewan yang menggemaskan ini, berikut galerinya dari hewan imut ini...

Chinchilla (@Stylelog)

Chinchilla (@Stylelog)

Chinchilla (@Stylelog)

Chinchilla (@Stylelog)

Chinchilla (@Stylelog)

Chinchilla (@Stylelog)

Chinchilla (@Stylelog)

Chinchilla (@Stylelog)
Bagaimana imut dan menggemaskan bukan, apakah kalian tertarik untuk memeliharanya, namun jangan sampai membeli hewan ini dari pedagang illegal yak supaya kelestarian hewan lucu ini tetap terjaga selalu, dan jangan lupa siapkan kantong yang tebal jika ingin memeliharanya.

Baca Juga :
  1. PBB (UNHCR) Kutuk Trump Larang Pengungsi Dari 7 Negara Islam Datang ke AS
  2. 9 Paspor Dengan Desain Unik Di Berbagai Dunia!
  3. Wow Keren! Di Negara Ini Ada Tempat Santai Untuk Para Suami Yang Menunggu Istrinya Belanja!
  4. Ini Penjelasan, Mengapa Umat Islam Harus Selalu Bersyukur?
  5. Unik, Hiu Ini Mampu Lahirkan Anak Tanpa Adanya Pembuahan Dari Pejantan

(Ref: sandk, catatansandk.com, wikipedia.org, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.