Perkenalkan Inilah Logo Resmi Teknologi Seluler 5G

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G.

Kolaborasi asosiasi industri telekomunikasi, 3GPP, memastikan bahwa "5G" bakal jadi nama untuk teknologi konektivitas seluler generasi berikutnya. Teknologi 5G akan menggantikan peran 4G LTE dan LTE-Advanced yang saat ini telah dikomersialkan. 

Ilustrasi percobaan 5G Samsung
Bersamaan dengan peresmian nama 5G, 3GPP juga meluncurkan logo resmi untuk teknologi jaringan internet supercepat tersebut. Dari segi desain, logo baru ini tampak mirip dengan logo LTE-Advanced.

Logo resmi teknologi 5G
Tiga garis gelombang yang berada pada pucuk samping huruf "G" untuk logo 5G menyerupai tiga garis gelombang yang terpatri di atas huruf "t" pada logo LTE-Advanced.

Logo resmi teknologi LTE-Advanced
Dilansir KompasTekno, Bedanya, ikon gelombang pada LTE-Advanced berwarna merah, sementara pada 5G berwarna hijau.

Ditargetkan rampung pada 2020

Menurut 3GPP, proses penggodokan teknologi seluler 5G sedang disiapkan. Diskusi panjang soal jaringan ini sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, ketika 4G berekspansi ke negara-negara berkembang. 

Ada dua fase pengidentifikasian spesifikasi untuk jaringan 5G. Yang pertama dirampungkan pada 2018 dengan 15 spesifikasi jaringan. Selanjutnya, fase kedua atau fase terakhir ditargetkan selesai pada 2020 dengan merilis 16 spesifikasi jaringan.

Teknologi seluler 5G nantinya diproyeksikan akan menghadirkan kecepatan transfer data yang jauh lebih kencang dari jaringan 4G saat ini, mencapai puluhan gigabit per detik. 

Lebih dari itu, 5G juga akan membuka aneka kemungkinan lain terkait pemanfaatan jaringan seluler di industri telekomunikasi. Dari sisi konsumen, kecepatan broadband 5G akan menghadirkan era virtual reality dan augmented reality. Dengannya, pengguna bisa langsung merasakan pengalaman memasuki dunia virtual langsung dari handset tanpa perlu terhubung ke jaringan internet kabel.

Soal internet of things, jaringan 5G akan membantu perwujudan konsep smart city dan smart home dengan coverage yang lebih merata dan dengan kecepatan transfer data tinggi. Mobil-mobil otomatis bakal terhubung dengan pusat data dan aneka sensor yang tersebar di segala penjuru kota.

Baca Juga :
  1. Terjadi Lagi, Jokowi Terbahak Saat Nelayan Sebut Ikan Indosiar
  2. Inilah 4 Teknologi Perang Yang Memanfaatkan Media Binatang Sebagai Senjata Mematikan
  3. 8 Fakta Mengenai Kentut Yang Jarang Orang Ketahui
  4. Charger Ponsel Yang Nggak di Cabut Bisa Menguras Daya? Ini Penjelasannya!
  5. Ini Tips Agar Tak Mudah Sakit, Dikala Cuaca Tak Menentu!

(ref: sandk, catatansandk.com, tekno.kompas.com, gsmarena.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.