Rasa Takut Mengganggumu? Inilah Kiat-Kiat Mengatasi Rasa Takut Kamu

Merasa takut akan darah? Memang hal ini sangat jarang ditemukan. Tapi tidak bisa dipungkiri, pasti ada saja yang takut dengan darah. Jika ditanya mengapa kebanyakan mereka beralasan karena ada luka yang sangat menakutkan dan darah yang terus menerus mengalir. Biasanya orang yang mengalami ini merasa lemas, mual dan tubuh merasa kaku. Tapi mungkin tak semuanya seperti itu. Masing-masing orang mempunyai fobia yang beda-beda dan juga dengan alasan yang berbeda. Tetapi jika rasa takut ini mengganggu alur kehidupan kamu sehari-hari, kemungkinan kamu menderita fobia.

Fobia bukan hanya berarti rasa takut berlebihan, tapi juga rasa takut yang tidak masuk akal. Jika Anda memiliki Fobia, Anda mungkin menyadari bahwa rasa takut Anda tidak masuk akal, tapi seringkali, jika Anda menghadapi, atau bahkan berpikir tentang menghadapi obyek atau situasi tertentu menyebabkan serangan panik atau rasa gelisah yang sangat parah.

Ilustrasi
Fobia terdiri dari tiga kategori:
  1. Jika Anda tidak tahan berada dalam satu ruangan dengan seekor laba-laba kecil, maka Anda mungkin memiliki rasa takut tertentu, Fobia tertentu adalah sesuatu yang melibatkan ketakutan konstan akan situasi atau obyek tertentu. Misalnya takut ketinggian, takut suntikan, takut hewan atau serangga, termasuk kucing dan anjing, juga suara yang kencang. Anda bisa menderita satu atau beberapa fobia tertentu.
  2. Merasa malu jika bertemu orang baru itu normal dalam kebanyakan kasus, tapi jika Anda secara sadar menghindari acara sosial atau berinteraksi dengan orang lain, mungkin Anda menderita fobia sosial. Fobia sosial adalah kombinasi rasa tidak percaya diri yang berlebihan dengan rasa takut dipermalukan di depan publik. Anda mungkin takut ditolak, takut menyinggung orang lain dan dihakimi.
  3. Jika Anda secara aktif menghindari meninggalkan rumah atau tempat lain yang Anda pikir aman, atau merasa sendirian, maka mungkin Anda menderita agoraphobia. Agoraphobia adalah rasa takut berada di situasi manapun tanpa bisa melepaskan diri dengan mudah atau mendapat bantuan ketika Anda merasa gelisah. Biasanya hal ini muncul setelah terjadi satu atau lebih serangan panik.
Gejala Fobia
  1. Rasa panik yang tak terkendali.
  2. Ketidakmampuan berfungsi normal.
  3. Reaksi fisik dan psikologis (menjerit, berkeringat dan merasa panik).
  4. Ingin melarikan diri dengan cara apapun.

Kiat mengatasi Fobia Anda
  1. Memaparkan diri pada fobia Anda dapa membantu Anda memeranginya. Misalnya, jika Anda takut ketinggian, cobalah dengan memanjat tangga pendek yang kecil.
  2. Pelajari cara menenangkan diri setelah merasa kewalahan dengan cara menggunakan beberapa indera fisik. Anda dapat mencoba memandangi hal yang menenangkan Anda (pemandangan atau gambar yang Anda sukai), mendengarkan musik yang Anda suka atau memakan sesuatu yang Anda gemari.
  3. Menantang fobia dan pemikiran negatif Anda akan lambat laun membantu Anda. Pikirkan apa yang Anda rasakan dan tanyakan pada diri sendiri apakah memang benar adanya. Misalnya, jika Anda takut menyeberangi jembatan karena takut jembatannya rubuh, tanyakan pada diri sendiri, apakah itu benar? Jika ya, lalu mengapa banyak orang menyeberanginya dengan aman?
  4. Ketika rasa takut dan gelisah menyerang, kita terkadang lupa bernafas. Selalu ingatkan diri sendiri untuk menarik nafas panjang dan perlahan.
  5. Temukan obyek yang nyata di sekeliling Anda dan pusatkan perhatian padanya. Obyek tersebut bisa berupa jambangan bunga di atas meja atau ponsel di genggaman Anda. Fokuskan seluruh perhatian ke obyek tersebut dan biarkan rasa gelisah Anda memudar.
Baca Juga: 

  1. Serem, Gara-gara Pakai Kosmetik Bermerkuri Mata Wanita Ini Hampir Lepas
  2. Ini 5 Ancaman Mematikan Bagi Kehidupan di Bumi
  3. Wow Ternyata Deodoran Terbukti Membuat Pria Lebih Menarik di Mata Wanita
  4. Tak Disangka Sekelompok Monyet Langur Berduka Saat Robot Replika Monyet Mati
  5. 2 Mahasiswa Ini Overdosis Kafein Dan Hampir Merenggut Nyawanya!
(Ref: diahanggra,catatansandk.com, hellodoktor.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.