Stres Berat Mengganggu Tidurmu? Ikuti Tips Ini!

Ketika kamu sedan stres berat atau baru saja mengalami masalah berat. Pasti karena maslah tersebut kita sering sekali yang namanya susah tidur. Bahkan memejamkan mata saja rasanya hati tidak tenang. Semua hal campur aduk menjadi satu di dalam fikiran kamu, dan banyak persoalan yang menyesaki otak. 

Kalau sudah begini, kita perlu bisa mengondisikan diri untuk bisa mendapat tidur yang nyenyak. Jangan sampai kesehatanmu dikorbankan karena tak mendapat istirahat yang cukup. Memang sih tak mudah untuk bisa tenang ketika sedang banyak pikiran. Tapi selalu ada cara yang bisa dicoba untuk menemukan solusi terbaiknya.

Susah tidur
"Puasa" Gadget

Sebuah artikel dari Sleep.org menyebutkan bahwa sinar biru (blue light) yang dipancarkan laptop, komputer, ponsel, tablet, dan bahkan game console bisa menurunkan kadar melatonin alami tubuh dan mengirim sinyal pada otak untuk terus terjaga. Supaya bisa tidur nyenyak, jauhkan segala macam gadget setidaknya 20 menit sebelum tidur, ya.

Minum Teh Kamomil (Chamomile Tea)

Melatonin secara alami diproduksi tubuh sebagai hormon yang mengontrol siklus tidur. Dan teh kamomil (chamomile tea) dipercaya bisa bantu merilekskan tubuh serta pikiran. Meminumnya di malam hari bisa membantumu mendapatkan tidur yang nyenyak.

Lakukan Kegiatan yang Kamu Suka

Daripada terus menerus merasa makin stres karena susah tidur, coba luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang kamu suka. Bebaskan pikiran dan tubuhmu. Bersenang-senanglah supaya pas akan tidur tubuh sudah merasa lebih rileks.

Buat dirimu capek agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Maksudnya bisa dengan melakukan olahraga ringan atau aktivitas fisik untuk membuat tubuhmu sedikit berkeringat. Rasa letih dan capek itu nantinya kemudian bisa diimbangi dengan tidur yang nyenyak di malam hari.

Hindari Godaan Tidur Siang

Tidur siang kadang bikin makin susah tidur malam. Apalagi kalau kamu sedang stres berat, sebaiknya hindari godaan tidur siang. Lebih baik isi hari-harimu dengan kegiatan yang cukup menyibukkan dan bikin lelah. Sehingga saat malam hari, fokusmu cuma satu, yaitu bisa tidur dengan nyenyak.

Ganti Suasana Kamar Tidur

Ubah suasana atau dekorasi kamar tidurmu. Kegiatan ini bisa jadi simbol kamu siap membuka lembaran baru dan tak larut dengan masalah yang sedang kamu hadapi. Suasana baru yang lebih nyaman tentunya akan sangat membantu memberi rasa rileks saat akan tidur. 

Perbaiki juga pola makanmu. Hindari makanan instan, junk food, atau makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan garam. Beralihlah dengan memperbanyak sayur dan buah untuk membuat tubuh lebih fit lagi demi bisa dapat tidur yang lebih nyenyak.

Baca Juga:
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, vemale.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.