Tak Disangka, Ternyata Bulan Mencuri Oksigen Dari Bumi, Apa Bahayanya?

Setiap kali Anda melihat Bulan di langit malam, pernahkah terlintas dalam pikiran Anda bahwa Bulan sesungguhnya mencuri oksigen dari Bumi? Lalu, haruskah kita khawatir?

Menurut ilmuwan, penduduk Bumi tak perlu khawatir dengan pencurian oksigen yang dilakukan oleh Bulan. Sebab, jumlahnya tidak seberapa. Hanya sekitar 90 metrik dari total sekitar lima quadrillion metrik ton.

Ilustrasi
Dokter Kentaro Terada dari Universitas Osaka memaparkan penelitian terkait pencurian oksigen tersebut dalam jurnal Nature Astronomy. Ia menjelaskan bahwa sesungguhnya sebagian besar permukaan Bulan dibombardir dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, 'angin matahari' yang dihasilkan oleh Matahari juga memuntahkan atom dan membuat permukaan Bulan terpapar oleh kekuatan yang besar. Tapi, selama lima hari setiap bulan, magnetosfer Bumi akan melewati Bulan.

Hal ini membuat Bulan terlindungi dari partikel Matahari. Kemudian, gelombang elektromagnetik yang diterima Bumi saat melindungi Bulan dalam masa orbitnya, mengionisasi molekul oksigen di bagian paling atas atmosfer kita.

Saat itulah, terjadi proses 'transfer' atau 'pencurian' oksigen oleh Bulan. Walau demikian, pada proses transfer tersebut hanya sekitar 26.000 molekul oksigen yang terionisasi per detik. Jumlah tersebut tidak cukup untuk menimbulkan risiko bagi Bumi maupun memungkinkan kita bernapas di Bulan.

Melansir dari Ancientcode, proses pencurian ini ternyata telah berlangsung selama dua miliar tahun. Dan proses pencurian tersebut baru diketahui setelah penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang pada tahun 2008.

Baca Juga :
  1. Lagi Hits Ni! Kopi Mushroom Yang Kaya Akan Manfaat!
  2. Astaga Buat Geger, Siswi SMA ini Melahirkan di Kelas saat Jam Pelajaran Berlangsung
  3. Astaga, Babi Ini Memakan Mayat Bayi, Lihat Apa Yang Terjadi Selanjutnya
  4. 4 Tips Untuk Memperkuat Sinyal Wifi, Bisa Dengan Kaleng Bekas Juga Lho!
  5. Inilah Negara Produsen Narkoba Terbesar di Dunia

(Ref: sandk, catatansandk.com, citizen6.liputan6.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.