Waspadalah! Ternyata Kapalan Bisa Jadi Pertanda Kanker!

Beberapa diantara kamu pasti mengalami kaki yang kapalan bukan? Dan apa yang kamu fikirkan jika kakimu mengalami kapalan? Kapalan biasanya muncul pada kaki, tumit, tangan, atau jari. Kapalan biasanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri ketika berjalan atau beraktivitas.

Namun tidak sekedar itu, etrnyata kapalan menjadi salah satu bentuk dari kenampakan lain. Baru-baru ini sebuah studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara callouses kaki dan kanker tenggorokan.

Ilustrasi Kapalan
Akademisi dari Queen Mary University of London menemukan bahwa bentuk warisan kanker tenggorokan, yang disebut Tylosis, menyebabkan penebalan telapak tangan dan kaki. Beberapa kasus yang begitu parah membuat pasien harus mencukur habis tumpukan kulit keras dengan pisau cukur. Gen dibalik penyakit ini, iRHOM2 memiliki peran penting dalam ketebalan kulit telapak tangan dan kaki dengan mengendalikan keratin. Keratin merupakan komponen yang paling melimpah dari kulit.
Para peneliti menemukan bahwa tikus dengan gen iRHOM2 yang tersingkir memiliki kulit kaki normal tipis.

Sementara manusia dengan peningkatan iRHOM2 memiliki telapak tangan menebal dan telapak kaki dengan callouses. Dalam kondisi tertentu, para pasien dengan callouses memiliki kanker esofagus dikutip dailymail.co.uk. Lalu apa saja gejala kanker esofagus atau kanker tenggorokan ini? kanker esofagus biasanya tidak menimbulkan gejala pada tahap awal ketika tumor kecil. Namun demikian terdapat tanda khas dari kanker ini:
  1. Kesulitan menelan
  2. Gangguan pencernaan terus menerus atau sakit maag
  3. Muntah setelah makan
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Rasa sakit atau tidak nyaman di perut bagian atas, dada dan punggung
Baca Juga:

  1. Ahok Mengekspresikan Wajah Sedih Lalu Dipeluk Sang Kakak Angkat Seusai Sidang Perdana Ahok
  2. Saat Mencuci Wajah, Sebaiknya Menggunakan Air Hangat Atau Air Dingin?
  3. Ini Isi Surat Al-Maidah Ayat 51 Yang Dihina Ahok
  4. Ini Penyebab Mendadak Linglung dan Fikiran Berkabut
  5. Tafsir Surat Al-Fajr Tentang Kebakaran di Israel
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com, dailymail.co.uk)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.