Wow! 8 Perguruan Tinggi di Indonesia Mempunyai Program Studi Video Game!

Kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut di mana seseorang telah menentukan pilihan jurusan. Biasanya dalam pemilihan jurusan dilakukan berbagai pertimbangan, salah satunya minat dan bakat. Untuk memulai kuliah, pengorbanannya tidak sedikit

Tapi, mungkin diantara kamu ada yang bingung dan bosen dengan jurusan yang itu-itu saja menurut kamu sangat monoton dan tidak sesuai dengan hobbymu yang bermain games. Ada nih, Universitas yang mempunyai jurusan antimainstream! Dari pada kamu hanya bermain saja, mending kamu juga mampu membuatnya. Kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri kok! Mau tahu dimana saja tempatnya? Yuk langsung saja simak!

Video Game
1. Institut Teknologi Bandung

Terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang mengedepankan ilmu teknologi tentu saja ITB ikut membantu mewujudkannya. ITB membuka prodi Media Digital dan Game untuk jenjang S2. Mata kuliahnya pun seperti 3D modeling, desain engine game, VR, dan lain-lain.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Lewat prodi Game Animasi membuat nama UM terkenal pada jenjang pendidikan D3. Namun jika kalian ingin melanjutkan ke S1, UM juga menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual dengan konsentrasi bidang game (non multimedia).

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Tak hanya terkenal akan robot-robotnya saja, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga berkecimpung di ranah dunia game. Melalui program magister S2 Teknologi Game, program studi hasil kerja sama ITS dengan Departemen Pendidikan Nasional Biro Perencanaan Luar Negeri ini merupakan gabungan antara bidang Desain Grafis dan Teknik Komputer.

4. Universitas Bina Nusantara

Sejak September 2012 silam, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara (Binus) telah membuka konsentrasi program studi di bidang game. Jurusan ini tak hanya berfokus pada pemrograman, tetapi juga pembuatan seni dan desain sebuah game. Sangat menarik jika kamu termasuk salah satu di dalamnya bukan?

5. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (MMTC)

Melalui prodi Desain Teknologi Permainan, universitas yang berada di kota Yogyakarta ini menghasilkan lulusan kreatif untuk memenuhi kebutuhan pasar industri game. Mata kuliah yang ada di dalamnya antara lain media game, pemrograman, desain grafis, penulisan naskah game, merancang sistem game, dan lain-lain. Mau tahu detailnya kamu bisa kok lihat melalui situs resminya.

6. Universitas Ciputra Surabaya

Melalui Teknik Informatika, mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik pengembangan aplikasi dan game berbasis mobile. Selain Android, aplikasi mobile yang diajarkan di Universitas Ciputra juga melibatkan kurikulum untuk sistem operasi Apple iOS Developer Education Program. Sangat menarik bukan jika kalian lebih menyukai mobile games?

7. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Kampus yang berada di Tangerang ini merupakan kampus yang dimiliki oleh grup Kompas Gramedia. Jika kalian ingin menciptakan sebuah game, cobalah untuk masuk di Desain Komunikasi Visual (DKV), namun dalam konsentrasi desain media interaktif. Disana kalian akan mempelajari berbagai hal seperti 3D Game Modeler, Character Animator, Character Rigger, Cinematics Director, Concept Artist, dan Art Game Director.

8. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Membuka prodi D4 dengan subjek Teknologi Game, tentu menciptakan tenaga kerja ahli di dalam industri game. Cakupan materi dan juga bidang studi dari program studi ini antara lain meliputi engine game, tool, dan lain-lain. Bagaimana, keren-keren kan guys?

Baca Juga: 
  1. 5 Tanda-tanda Kiamat ini Paling Bikin Penasaran Warga Dunia
  2. Ingin Wajahmu Tetap Cantik dan Berseri? Lakukan Ini Saat Malam Hari!
  3. Inilah 10 Alergi Paling Aneh di Dunia
  4. Mencegah Bau Mulut Yang Tidak Sedap!
  5. Kulit Yang Dehidrasi Bisa Berpengaruh Penuaan Pada Kulit
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, style.tribunnews.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.