Wow, Inilah Kisah Gambar Usang Yang Ternyata Karya Jackson Pollock Senilai 119 M

Siapapun yang tak punya latar belakang seni mungkin mudah saja melewatkan lukisan yang tampak seperti gambar acakadut bikinan anak-anak ini. Padahal lukisan tersebut merupakan salah satu karya Jackson Pollock.

Lukisan Jackson Pollock yang ada di tangan Erin Horton. © First to Know
Siapakah Pollock? Dia adalah pelopor gerakan abstrak ekspresionis dalam seni lukis Amerika Serikat. Karya-karyanya bernilai jutaan dolar. Sejauh ini, sudah banyak lukisan Pollock yang dipalsukan. Awalnya, lukisan yang dimiliki oleh Teri Horton ini juga dikira imitasi. Padahal, nilainya bisa mencapai $ 9 juta dolar atau sekitar Rp 119 miliar.

Dilansir The New York Times, lukisan ini dibeli oleh seorang mantan pengendara truk bernama Teri Horton. Teri membeli gambar usang berukuran raksasa itu di sebuah toko luak. Harganya pun cuma $ 5. Karena tak muat di truk trailer milik temannya, Teri menjual kembali lukisan itu di pasar rumput. Kemudian seorang guru seni melihat barang dagangan Teri dan memintanya untuk mengotentifikasi lukisan itu di kepada pakar seni. Menurutnya, lukisan itu bisa saja karya Jackson Pollock.

Teri pun mendatangi sejumlah pakar seni untuk memastikan keaslian lukisan yang berada di tangannya. Ada yang meyakininya sebagai karya orisinal Pollock, ada pula yang menganggapnya palsu karena 'tak memiliki jiwa dari karya-karya Pollock'. Selain itu, asalnya yang meragukan dan fakta bahwa lukisan tersebut tak ditandatangani semakin menambah keraguan. Namun pemeriksaan sidik jari menunjukkan kalau lukisan tersebut merupakan gambar abstrak karya Jackson Pollock.

Lukisan Jackson Pollock yang ada di tangan Erin Horton. Jonesing4movies.com
Teri lantas mendekati Tod Volpe, seorang dealer karya seni sekaligus pencipta tren dalam pasar karya seni. Dengan bantuan Volpe, lukisan tersebut sempat ditawar seorang pembeli dari Timur Tengah dengan harga $ 9 juta. Namun Teri hanya bersedia melepaskannya dengan harga $ 50 juta.

Kisah Teri Horton dan lukisan Jackson Pollock difilmkan dalam karya dokumenter berjudul Who the #$&% Is Jackson Pollock? Film tersebut menjadikan Teri selebriti dadakan yang diundang ke berbagai acara bincang-bincang di televisi.

Baca Juga :
  1. Kenapa Susah Sekali Mendapatkan Uang Rupiah Baru? Ini Alasannya!
  2. Unik, Tokek Ini Mampu Melepaskan Kulitnya Hingga Telanjang Jika Merasa Terancam
  3. Jangan Panik! Ini Cara Merawat Laptop Yang Menggunakan Baterai Non-Removable
  4. Kenapa Warna Dengan Tampilan Cantik Bisa Mempengaruhi Porsi Makanmu?
  5. Berendam Air Garam Dapat Mengatasi Stres Lho!

(Ref: sandk, catatansandk.com, merdeka.com, nytimes.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.