Yuk Lawan Penyakit Anemia Dengan Cara-Cara Ini!

Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif).

Anemia memengaruhi orang-orang dari segala usia dan kelompok etnis. Baik pria maupun wanita dapat mengembangkan kondisi tersebut, tetapi wanita pada usia subur adalah yang paling berisiko karena kehilangan darah dari menstruasi. Anemia juga dapat terjadi selama kehamilan. Jika diet Anda tidak disertai dengan zat besi, asam folat atau vitamin B12, Anda juga akan berisiko mengidap anemia. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia.

Anemia sangat mengganggu sekali, rasa pusing dan tak nyaman membuat kita harus rebahan terus untuk istirahat. Anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang cukup serius. Bahkan, kondisi itu adalah salah satu kekurangan nutrisi yang paling umum di dunia, tapi juga salah satu kondisi yang paling dapat diobati dan dicegah. Diet sehat gizi seimbang adalah pertahanan garis pertama Anda.

Ilustrasi anemia
Susun diet sehat Anda

Konsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi. 

Sumber zat besi yang sangat baik dan mudah diserap tubuh adalah daging organ seperti hati dan ginjal sapi. Ikan, telur (terutama kuning telur), keju, bayam, kacang-kacangan, lentil, dan sereal juga penyedia zat besi yang baik.

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi. 

Minumlah segelas jus jeruk segar dengan sarapan telur atau sereal dengan nutrisi yang diperkaya. Bukan penggemar jus jeruk? Cobalah jus apel, mangga atau nanas sebagai gantinya.

Pertimbangkan suplemen zat besi jika Anda mengidap anemia atau kekurangan zat besi. 

Suplemen ini dapat membangun kembali pasokan zat besi di tubuh Anda dalam waktu empat sampai enam bulan. Konsultasikan dulu dosis yang tepat dengan seorang dokter atau profesional medis lainnya yang tepercaya. Anda perlu meminum dosis yang cukup tinggi agar suplemen efektif. Dosis berlebihan dapat berpotensi efek samping yang serius.

Asam folat terutama dapat ditemukan dalam sayuran hijau dan berdaun. 

Asparagus, brokoli, buah jeruk, kacang, kacang polong, dan lentil juga adalah sumber asam folat yang baik. Melengkapi asam folat juga dianjurkan untuk wanita hamil.

Vitamin B12 dapat ditemukan dalam daging, telur dan produk susu. 

Jika Anda menderita kekurangan vitamin B12, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Ini biasanya diberikan pertama kali dengan suntikan, diikuti dengan tablet hingga kondisi dapat dikendalikan.

Hindari makanan yang terlalu matang karena dapat merusak atau mengurangi nutrisi. 

Kukus atau panggang hidangan Anda daripada digoreng.

Serap zat besi dengan baik
  • Pastikan tubuh Anda menggunakan zat besi dalam diet Anda secara efektif:
  • Jangan minum teh atau anggur (wine) dalam waktu satu jam setelah mengonsumsi suplemen zat besi. Tanin yang terkandung dalam minuman tersebut dapat mengikat zat besi, sehingga sulit untuk dis Fosfat dalam minuman bersoda juga dapat memberi efek yang sama.
  • Tunggu satu jam antara waktu makan makanan yang mengandung zat besi dan minum susu. Segelas susu (sekitar 165mg kalsium) dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga lebih dari setengah kadar normalnya. Hal yang sama berlaku untuk makanan dari olahan susu yang tinggi kalsium dan suplemen kalsium.
  • Phytates (bentuk fosfor pada tanaman yang tak dapat diserap oleh tubuh manusia), misalnya dalam sereal mentah, bisa juga membuat penyerapan zat besi menjadi Beri jarak satu jam antara sarapan sereal pagi Anda dan jadwal minum suplemen zat besi Anda.
  • Beberapa jenis obat dapat menghambat penyerapan zat besi, begitupun zat besi, dapat menghambat penyerapan beberapa jenis obat lainnya. Bicarakan dengan dokter Anda tentang obat yang sedang Anda konsumsi.
  • Penyerapan zat besi dalam suplemen dapat lebih efisien bila mengonsumsi Vitamin C secara bersamaan, atau dapat memngosumsi suplemen besi dengan minum jus jeruk segar bersamaan.
Baca Juga: 

  1. Jangan Minum 2 Minuman Ini Saat Malam Hari Jika Ingin Berat Badan Turun!
  2. Studi Menyatakan Bahwa Nutella Bisa Menyebabkan Penyakit Yang Mematikan!
  3. Ini 5 Ancaman Mematikan Bagi Kehidupan di Bumi
  4. Inilah Satwa Langka yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia
  5. Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Tidak Terprovokasi!
(Ref: diahanggra, catatansandk.com, hellodoktor.com, wikipedia.org)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.