8 Tempat Dengan Rekor Paling Ekstrim Yang Ada di Planet Bumi

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Bumi adalah planet terbesar dari empat planet kebumian lainnya menurut ukuran dan massa. Dari keempat planet tersebut, Bumi merupakan planet dengan kepadatan tertinggi, gravitasi permukaan tertinggi, medan magnet terkuat, dan rotasi tercepat, dan diperkirakan juga merupakan satu-satunya planet dengan tektonik lempeng yang aktif.

Bumi juga menyimpan sejuta misteri yang sampai saat ini belum terjawab bahkan beberapa lokasi mendapatkan predikat daerah palinh ekstrim di Bumi.  Dari gurun paling kering, desa paling banyak hujan, puncak gunung tertinggi hingga palung laut paling dalam. Bumi memiliki lokasi-lokasi yang amat ekstrim kondisi maupun situasinya. Berikut daftar 8 tempat yang mendapatkan rekor ekstrim yang ada di Bumi..

1. Terdingin : Antartika

Terdingin : Antartika
Di kawasan gunung es Antartika suhunya bisa mencapai minus 92 derajat Celsius. Tapi efek pemanasan global diramalkan akan mengubah kondisi ini. Ilmuwan Amerika mencatat konsentrasi CO2 tertinggi di kawasan ini dalam beberapa dekade terakhir.

2. Terpanas: Death Valley

Terpanas: Death Valley
Suhu di Death Valley National Park di negara bagian California Amerika Serikat mencatat rekor tertinggi pada 10 Juli 1913 yakni 56,67 derajat Celsius. Tidak mengherankan jika nama daerah itu jika diterjemahkan adalah lembah kematian.

3. Tertinggi: Mount Everest

Tertinggi: Mount Everest
Gunung tertinggi di dunia dengan elevasi 8848 meter adalah Mount Everest di Himalaya. 29 Mei 1953 dua pendaki gunung, Edmund Hillary dari Selandia Baru dan Tenzin Norgay dari India berhasil mencapai puncak tertinggi itu. Gempa Nepal diperkirakan membuat Himalaya lebih tinggi lagi puluhan sentimeter.

4. Terdalam: Challenger Deep Pasifik

Terdalam: Challenger Deep Pasifik
Lokasi terdalam di bumi adalah Challenger Deep di kawasan Palung Mariana Samudra Pasific dekat Guam dengan kedalaman 11 kilometer. Hanya tiga orang manusia yang pernah menyelam hingga titik terdalam di bumi itu, salah seorang diantaranya adalah pembuat film James Cameron yang turun dengan kapal selam khusus pada 2012.

5. Terkering: Gurun Atacama

Terkering: Gurun Atacama
Gurun Atacama di Chile tercatat sebagai lokasi paling kering di dunia. Dalam sejarah peradaban manusia serta pencatatan meteorologi, belum pernah seorangpun yang melaporkan turunnya setetes air hujan di gurun tersebut.

6. Terbasah: Meghalaya

Terbasah: Meghalaya
Negara bagian Meghalaya di timur laut India dekat ke perbatasan Bangladesh, sebaliknya merupakan kawasan dengan curah hujan tertinggi sedunia. Desa Mawsynram mencatat curah hujan rata-rata 1.86 meter setahun. Sebagai perbandingan, London yang dijuluki kota paling basah, hanya mencatat curah hujan rata-rata 65 sentimeter per tahunnya.

7. Terbanyak Penduduk : Shanghai

Terbanyak Penduduk : Shanghai
24.15 juta jumlah total populasi di kota metropolitan Shanghai di Cina. Dampak dari kepadatan penduduk adalah buruknya kualitas udara. Pemicunya terus naiknya emisi gas buang kendaraan bermotor serta banyaknya proyek konstruksi. Ini memberikan kotribusi terhadap makin seringnya fenomena Smog.

8. Danau Tertinggi: Titicaca

Danau Tertinggi: Titicaca
Titicaca, yang berarti "batu Puma" dalam Bahasa Inca Quechua, adalah danau tertinggi di dunia. Danau yang berlokasi di perbatasan Peru dan Bolivia pada ketinggian 3800meter di atas permukaan laut itu, luasnya 8.300 km persegi dan mencatat rekor sebagai cadangan air dengan volume terbesar di Amerika Selatan.

Baca Juga :
  1. Membanggakan, Ini Dia Daftar Pesawat Terbaik Buatan Indonesia
  2. Inilah Perbedaan Pola Fikir Orang Barat dengan Orang Timur. Ini Ilustrasinya!
  3. Kisah Mistis di Balik Kesenian Ondel-Ondel Si Maskot Ibukota Jakarta
  4. Aneh, Saat Wawancara Kerja, Remaja Ini Dicecar Pertanyaan Yang Tidak Biasa
  5. Mau Tahu Apa Saja Kegalauan Para Mahasiswa Semester Akhir?

(ref: sandk, catatansandk.net, dw, Carla Bleiker, huffingtonpost)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.