Canggih, Inilah Penemuan Revolusioner, Bakteri Bisa Dijadikan Pembangkit Listrik

Seperti kita ketahui Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Namun ada suatu penemuan yang sangat revolusioner bagi kehidupan manusia.

Berbagai hal sudah ditempuh para ilmuwan untuk mencari energi alternatif. Baru-baru ini, para ilmuwan sedikit mendapat titik terang atas penelitiannya terhadap bakteri.

Dilansir dari The Verge, bakteri bisa direkayasa untuk memproduksi arus listrik. Tentu jika munculnya dari bakteri, arus listrik itu takkan besar. Namun ilmuwan menyatakan bahwa hal tersebut bisa digunakan untuk membersihkan air dalam proses pengelolaan air limbah.

Dari studi yang dipublikasikan di jurnal Chem, beberapa bakteri bisa memunculkan arus listrik secara natural, karena itu adalah bagian dari metabolisme mereka. Hal ini muncul dari protein khusus yang ada dalam membran sel mereka, di mana hal ini digunakan untuk beradaptasi untuk hidup di lingkungan yang ekstrem.

Shewanella oneidensis. (Gambar Via : wikipedia.org)
Untuk memanfaatkan arus listrik alami tersebut, para ilmuwan mencoba untuk merekayasa molekul yang bisa disematkan dalam bakteri. Molekul rekayasa ini bernama DFSO+ yang mengandung atom metal. Selanjutnya, molekul ini dimasukkan ke dalam bakteri yang bernama Shewanella oneidensis.

Molekul sintetis ini akan masuk ke dalam membran sel dan mulai berinteraksi dengan bakteria tersebut untuk memproduksi arus listrik dengan menggunakan atom metal tersebut.

Percobaan ini telah berasil di beberapa bakteri S. oneidendis. Bakteri tersebut menerima mineral logam dan elektroda untuk bisa menghasilkan listrik. Namun karena mereka biasa hidup di daerah tanpa oksigen, aplikasi mereka terhadap produksi listrik natural ternyata lebih terbatas.

Dengan ini, para ilmuwan cukup optimis untuk bisa membuat berbagai macam bakteri yang bisa menghasilkan listrik yang bermanfaat di masa depan. Hal ini merupakan langkah awal, di mana pengembangannya masih hanya bisa untuk membersihkan air limbah pabrik di mana bakteri tersebut hidup.

Metode ini pun lebih murah ketimbang berbagai energi alternatif lain. Oleh karena itu peluang untuk menjadikan hal ini teknologi listrik yang efektif di masa depan masih terbuka lebar.

Baca Juga :
  1. Aneh, Saat Wawancara Kerja, Remaja Ini Dicecar Pertanyaan Yang Tidak Biasa
  2. #SkipChallenge, Permainan Yang Sedang Digandrungi Namun Berpotensi Merenggut Nyawa
  3. Masya Allah, Ternyata Terompet Sangkakala Sudah Berada di Bibir Malaikat
  4. 7 Kebiasaan Sepele Ini Secara Tidak Langsung Mengancam Kesehatanmu!
  5. Ternyata, Begini Bagaimana Cara Bau Mulut Terbentuk

(Ref: sandk, catatansandk.net, theverge.com, merdeka.com, wikipedia.org, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.