Di Pantai Selatan Ada Nyi Roro Kidul, Ternyata di Pantai Utara Ada Dewi Lanjar

Kisah seputar legenda dan mitos Nyi Roro Kidul yang merupakan sosok gaib Ratu Pantai Selatan sudah barang tentu akrab di telinga hampir seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat pesisir pantai selatan Laut Jawa.

Namun ternyata, di pesisir pantai utara Laut Jawa, ada pula sosok mistis yang dipercaya memiliki kuasa tak kalah dahsyat dibanding Nyi Roro Kidul. Siapakah dia?

Dewi Lanjar namanya. Dewi Lanjar atau Ratu Pantai Utara dipercaya oleh masyarakat pesisir pantai utara sebagai penguasa sisi utara Laut Jawa. Sama halnya Nyi Roro Kidul yang menguasai sisi selatan Laut Jawa.

Masyarakat Pekalongan pada khususnya masih memiliki kepercayaan kental terhadap sosok Dewi Lanjar. Misalnya jika ada anak hilang saat bermain di pantai, masyarakat percaya bahwa anak tersebut dibawa oleh Dewi Lanjar. Konon letak keraton Dewi Lanjar terletak di pantai Pekalongan sebelah sungai Slamaran

Ilustrasi

Kisah Asal-usul Dewi Lanjar

Kisah Dewi Lanjar memang tak sepopuler sepak terjang sang Ratu Pantai Selatan. Istilah "lanjar" sendiri berarti janda yang ditinggal meninggal dunia atau bercerai dengan suami sejak usia belia.

Menurut kepercayaan masyarakat pesisir pantai utara Laut Jawa, khususnya wilayah Pekalongan, Dewi Lanjar memiliki nama asli Dewi Rara Kuning yang ditinggal mati suaminya di usia muda. Kehidupan Dewi Rara Kuning dikisahkan sangat menderita terlebih karena statusnya sebagai seorang janda muda.

Tak tahan menghadapi cobaan yang ada, Dewi Rara Kuning kemudian memilih pergi dari kampungnya demi menghilangkan rasa duka yang terus menghampirinya pasca wafatnya sang suami.

Di tengah perjalanan, Dewi Rara Kunig disebutkan bertemu dengan Danang Sutawijaya alias Panembahan Senopati, pendiri Kesultanan Mataram yang tersohor akan kesaktiannya. Kala itu, Panembahan Senopati tengah bersemedi di ujung Kali Opak, Pegunungan Merapi.

Panembahan Senopati diceritakan menyarakan Dewi Rara Kuning untuk bersemedi di pinggir pantai selatan Laut Jawa agar bertemu dengan Nyi Ratu Kidul. Tanpa berfikir panjang, Dewi Rara Kuning yang sedang kalut langsung pergi menuju pantai selatan untuk melaksanakan semedinya, hingga akhirnya ia dapat bertemu dengan Nyi Ratu Kidul.

Dari pertemuannya dengan Ratu Pantai Selatan, Dewi Rara Kuning atau Dewi Lanjar pun diangkat sebagai pengikutnya. Ia lalu diberi tugas untuk mencegah seorang bernama Raden Bahurekso yang merupakan adipati Kendal pertama.

Kala itu, Raden Bahurekso tengah berusaha membuka lahan hutan untuk mendirikan kerajaan. Namun sayang, Dewi Lanjar gagal melaksanakan tugas tersebut. Hingga akhirnya ia malu untuk kembali ke pantai selatan dan bertemu Nyi Roro Kidul.

Atas seizin Ratu Pantai Selatan, Dewi Lanjar diperintahkan untuk mendirikan kerajaan gaib di pesisir pantai utara Laut Jawa. Ia pun diberi mandat sebagai peguasa sisi utara Laut Jawa.

Menurut kepercayaan masyarakat Pekalongan, keraton atau kerajaan gaib Dewi Lanjar terletak tepat di Pantai Pekalongan tempat bermuaran Sungai Slamaran.

Baca Juga :

  1. Masyaallah, Ternyata Ini Rahasia di Balik Sejuknya Lantai di Sekitar Ka'bah
  2. Yuk Lawan Penyakit Anemia Dengan Cara-Cara Ini!
  3. Sering Pusing? Ini 5 Macam Sakit Kepala dan Cara Menanganinya!
  4. 7 Kebiasaan Kecil Ketika Kamu Menggunakan Lipstik Yang Sering di Abaikan!
  5. Mungkin Tak Kamu Sadari, 8 Film Ini Mempunyai Kesalahan Yang Bisa di Bilang Fatal!

(Ref: sandk, catatansandk.net, otonomi.co.id, wikipedia.org, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.