Inilah Deretan 6 Stasiun Kereta Api Paling Angker di Indonesia

Karena keberadaan stasiun kereta api umumnya bersamaan dengan keberadaan sarana kereta api di Indonesia yang dibangun pada masa zaman Belanda, maka kebanyakan stasiun kereta api merupakan bangunan lama yang dibangun pada masa itu. 

Sebagian direstorasi dan diperluas, sedangkan sebagian yang lain ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Kebanyakan kota besar, kota kabupaten, dan bahkan kecamatan di Jawa dihubungkan dengan jalur kereta api sehingga di kota-kota tersebut selalu dilengkapi dengan stasiun kereta api.

Infrastruktur kereta api di Indonesia kebanyakan sudah dibangun sejak zaman Belanda. Karena itu beberapa stasiun kereta api di Indonesia masih menggunakan arsitektur model zaman dahulu.

Karena model bangunan stasiun yang sudah tua tersebut tidak jarang kerap dikait-kaitkan dengan hal-hal berbau mistis. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa stasiun kereta api di Indonesia yang dianggap angker.

1. Stasiun Ketanggungan Barat

Stasiun Ketanggungan Barat
Pada 2002 lalu, di Stasiun Ketanggungan Barat, Brebes, Jawa Tengah ini sempat terjadi peristiwa mengerikan. Saat itu ada kecelakaan Kereta Api Gaya Baru dan Kereta Api Empu Jaya.

Saat itu Kereta Api Empu Jaya memasuki jalur tiga lebih cepat 17 detik dari waktu yang seharusnya.

Kecelakaan tersebut dikaitkan dengan beberapa alasan, yaitu human error, teknis, sekaligus soal mistis. Sebanyak 45 orang tewas dalam peristiwa itu.

Sejak peristiwa itu suasana Stasiun Ketanggungan Barat jadi seram. Menurut orang-orang di sana, sering muncul penampakan-penampakan seram hingga suara lirih minta tolong.

Sehari sebelum kecelakaan, kabarnya ada sosok wanita yang menampakkan diri di lalu lalang perlintasan rel kereta api. Banyak warga yang menuding kecelakaan tersebut terjadi karena faktor mistis.

Ketika korban kecelakaan dievakuasi, beberapa bagian tubuh korban banyak yang tidak ditemukan. Mungkin itulah yang membuat para arwah penasaran dan masih berusaha mencari bagian tubuh mereka yang hilang.

2. Stasiun Manggarai

Stasiun Manggarai
Stasiun Manggarai di Jakarta Timur yang sudah beroperasi sejak 1918. Stasiun ini merupakan tempat menyimpan gerbong-gerbong tua yang sudah tidak layak jalan. Beberapa di antaranya ada gerbong bekas kecelakaan.

Di Stasiun Manggarai ini ada lahan kosong yang cukup luas untuk menampung beberapa kereta bekas kecelakaan, salah satunya gerbong kereta bekas tragedi Bintaro.

Kecelakaan Bintaro ini merupakan kecelakaan kereta api terparah di Indonesia dan menewaskan ratusan orang. Itulah yang melatarbelakangi Stasiun Manggarai disebut angker.

3. Stasiun Kota Lama

Stasiun Kota Lama
Pada 1981 silam, terjadi kecelakaan kereta api hebat di Stasiun Kereta Kota Lama, Malang, Jawa Timur ini. Kereta api yang berangkat dari Stasiun Kota Lama yang menabrak sebuah bus hingga menewaskan 50 orang.

Kecelakaan tersebut membuat bus terseret hingga beberapa meter dari posisi semula.

Bahkan, ketika evakuasi korban, ditemukan mayat yang berada di WC umum, sehingga WC umum itulah yang menjadi tempat makhlus halus dan menggoda siapa pun yang lewat.

Bukan cuma itu, tapi juga ada cerita kereta api yang berjalan sendiri tanpa masinis dan merusak rumah-rumah warga di sekitar stasiun.

4. Stasiun Kaliwedi

Stasiun Kaliwedi
Stasiun Kaliwedi, Cirebon, Jawa Barat merupakan stasiun kecil, tapi keangkerannya sudah sangat terkenal. Di stasiun ini pernah terjadi kecelakaan hebat.

Menurut warga, bahkan pernah ada iring-iringan jenazah yang ditrabrak kereta api. Kini Stasiun Kaliwedi sudah tak beroperasi lagi.

Sudah tidak terhitung berapa nyawa melayang di perlintasan yang dijuluki sebagai 'kentrung budeg' ini. Orang yang melintasi rel kereta api di sana tidak pernah dengar ada suara peringatan dari menara stasiun.

5. Stasiun Purwakarta

Kuburan Gerbong Kereta Api di Stasiun Purwakarta
Pada siang hari suasana di Stasiun Purwarkarta seperti tidak ada apa-apa dan berjalan normal saja, tapi berbeda ketika malam hari. Suasana berubah jadi sangat menyeramkan.

Di stasiun ini disebut-sebut banyak makhluk halus. Hal tersebut sendiri sering dikaitkan dengan gerbong-gerbong tua yang pernah jadi saksi bisu kecelakaan tragis.

Pernah suatu ketika pada 1988, beberapa pemuda yang berpesta minuman kera, tanpa sadar terseret kereta api yang melaju ketika hendak memasuki Stasiun Purwakarta.

Konon menurut cerita warga setempat, korban-korban itu tidak ditemukan secara utuh tubuhnya, sehingga sampai sekarang banyak penampakan orang tanpa kepala, suara tangis, dan sebagainya.

6. Stasiun Sedayu

Stasiun Sedayu
Konon katanya di Stasiun Sedayu, Yogyakarta ini kerap terdengar suara pengumuman tentang keberangkatan dan kedatangan kereta api. Padahal stasiun itu sudah tidak digunakan lagi.

Namun, yang membuatnya terasa jangal adalah bahasa yang digunakan merupakan bahasa Belanda bukan bahasa Indonesia. Stasiun ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Stasiun Rewulu.

Karena sudah tidak digunakan lagi, sebagian bangunan Stasiun Sedayu sudah rata dengan tanah dan hanya meninggalkan sisa rerumputan liar. Tapi masih tersisa beberapa bangunan tua.

Baca Juga :
  1. 7 Khasiat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Kita
  2. 8 Jalur Kereta Paling Mengerikan dan Berbahaya Yang Ada di Dunia
  3. Memalukan, Pemotor Ini Dimarahi Bule Karena Menyerobot Jalur Pejalan Kaki
  4. Cegah Pikun di Usia Muda, Hanya Dengan Menutup Mata
  5. Kocak! Inilah 8 Komentar Penggemar Asal Indonesia di Acara Music Bank

(Ref: sandk, catatansandk.net, otonomi.com, wikipedia.org, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.