Kisah Kakek Abdullah Al Asiri Yang Setiap Hari Merangkak Menuju Ke Masjid Untuk Melaksanakan Shalat Berjamaah

Salat merupakan ibadah yang terdiri dari atas ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat tertentu.

Salat berjamaah adalah salat yang dikerjakan secara bersama-sama oleh dua orang atau lebih, seorang menjadi imam dan yang lain menjadi makmum dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Melaksanakan salat berjamaah hukumnya sunah muakkad, artinya sunah yang dikuatkan atau dianjurkan. Melaksanakan salat berjamaah lebih utama dibandingkan salat sendirian (munfarid). Keutamaan melaksanakan salat berjamaah antara lain di jelaskan dalam hadis dari Ibnu Umar r.a:

قوله تعالى: عن ابن عمر أن رسول الله صلى الله. قال: "الصلاة عليه الأسبقية على الصلاة وحدها بقدر درجة.

Artinya : Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: "shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian sebanyak 27 derajat.
(H.R. Muslim)

Abdullah Al Asiri yang merangkak menuju ke masjid untuk shalat berjamaah
Mungkin itulah yang menginspirasi seorang kakek yang setiap adzan berkumandang ia langsung menuju ke masjid terdekat untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Kakek bernama Abdullah Al Asiri berusia 77 tahun ini membuat banyak orang kagum dengan kegigihanya.

Sang kakek tetap berangkat ke masjid terdekat setiap kali waktu shalat tiba, meski harus merangkak ke masjid sejauh tiga km sebelum ada tumpangan kendaraan umum, ia tetap bersemangat dan tidak pernah mengeluh.

Keimananlah yang menuntun sang kakek untuk tetap shalat berjama’ah meski kondisinya fisiknya tak sempurna, ia masih mampu menggunakan kedua tanganya untuk memebantunya berjalan.

Hanya iman yang kuat yang mampu mengalahkan segala hambatan dan rintangan. Apalagi untuk menunaikan perintah Allah.

Sang kakek sudah terlahir dalam keadaan cacat dan dirawat oleh kakaknya Ahmad dan dua istri kakanya itu. Meski demikian, ia lebih sering mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kedua istri Ahmad membersihkan dan membuatkan jalan khusus untuk sang kakek agar mudah ke masjid dan tidak tersengat oleh panas matahari.

Kakek ini benar-benar memahami keutamaan shalat berjamaah di masjid seperti yang ditegaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Jikalau manusia mengetahui apa yang ada di dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkan hal itu kecuali dengan berundi atasnya maka niscaya mereka akan berundi, jikalau mereka mengetahui apa yang ada di dalam bersegera pergi ke masjid maka niscaya mereka akan berlomba-lomba kepadanya, jikalau mereka mengetahui apa yang ada di dalam shalat isya dan shalat shubuh maka niscaya mereka akan mendatangi keduanya walau dalam keadaan merangkak,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Saudaraku sekalian, selagi Allah belum mencabut kenikmatannya berupa kesehatan dan kekuatan fisik. Mata yang masih melihat, kedua kaki yang masih kuat, serta umur yang masih muda, maka gunakanlah untuk menunaikan perintah Allah yakni salah satunya adalah kewajiban shalat berjama’ah atas setiap muslim laki-laki.

Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah kepada kita semua agar senantiasa istiqamah di atas ketaatan kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah, aamiin.

Baca Juga :
  1. Hebat, Pria Ini Setiap Hari Berjalan Kaki Sejauh 24 KM Untuk Menuju Tempat Ia Bekerja
  2. Heboh, Telah Ditemukan Makhluk Misterius Bersayap, Wujud Peri Sebenarnya?
  3. Suka Kaget Saat Tidur? Ini Dia Penyebabnya!
  4. Bocah Malang Ini Memberi Pernyataan Pada Polisi Yang Membuat Ibunya di Tangkap! Kenapa ya?
  5. Inilah 3 Cara Menghentikan Kamu Agar Tidak Makan Junk Food!

(Ref: sandk, catatansandk.net, islampos.com, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.