Unik, Inilah Fenomena Sungai Pasir di Irak Yang Membuat Nitizen Takjub

Kita tahu bahwa Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).

Pada beberapa kasus, sebuah sungai secara sederhana mengalir meresap ke dalam tanah sebelum menemukan badan air lainnya. Melalui sungai merupakan cara yang biasa bagi air hujan yang turun di daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Namun beberapa waktu yang lalu dunia dihebohkan dengan video yang memperlihatkan ada sungai yang mengalir deras di tengah gurun gersang di Irak, namun beberapa nitizen ada yang kebingungan atas terjadinya fenomena tersebut.

Seperti dilansir Deutsche Welle, Apakah betul ada pasir yang mengalir dengan deras di gurun di Irak seperti halnya Sungai? Satu video yang diunggah di YouTube telah membuat takjub para user  di seluruh duna. Berikut sekilas penjelasan fenomena alam ini:

Sand River di Irak
Beberapa waktu lalu video “Sand River“ menjadi viral di YouTube. Satu video menakjubkan yang memperlihatkan sebuah sungai dengan “pasir” yang mengalir dengan deras. Banyak juga yang mempertanyakan, apakah video tersebut sebelumnya telah dimanipulasi. Video direkam di Gurun Rub Al Khali yang luasnya mencapai 650 ribu km persegi. Dan video tersebut asli dan tidak diedit.

Menurut Mirror UK, pasir yang tampak mengalir tersebut adalah batu-batu es sebesar bola golf yang bergerak dengan kecepatan seperti aliran sungai. Menurut laporan, selama beberapa minggu terjadi hujan deras dan juga badai es di Irak dan wilayah sekitar negara ini. Dan badai es dan hujan ini menciptakan fenomena alam menakjubkan yang jarang terjadi. Bongkahan es ikut terbawa arus sungai. Dalam perjalanannya, bongkahan es ini pecah menjadi bagian-bagian kecil seukuran bola golf, dan terus mengalir ke muara serta turut menyeret pasir.

Biasanya, hujan es kerap tiimbul di wilayah perbukitan. Namun dalam kasus di Irak ini, hujan es terjadi karena perubahan kondisii cuaca yang tiba-tiba yang membentuk hujan air menjadi hujan es. Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai perilaku cuaca yang langka ini.

Berikut Videonya..



Baca Juga :
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.