6 Fakta Ajaib Tentang Mata Uang Yang Ada di Dunia

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran.

Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

Sejumlah mata uang punya fakta absurd. Ada yang nominalnya fantastis, ukurannya sangat kecil atau tidak kasat mata. Walau begitu sebagai alat pembayaran, uang harus aman dari pemalsuan. Beberapa mata uang yang unik:

1. Paling Banyak Nolnya

Paling Banyak Nolnya
Uang kertas Zimbabwe dari 2009 ini nominalnya 100 trilyun Dollar, artinya ada 14 nol di belakang angka satu. Nominal absurd ini menunjukkan inflasi yang luar biasa tingginya di negara Afrika itu. Nilai uang merosot drastis. Sebagai ilustrasi, harga sepotong roti di Zimbabwe pada saat itu sekitar 300 milyar Dollar.

2. Berharga Paling Tinggi

Berharga Paling Tinggi
Beda dengan uang kertas dengan nominal 10.000 Dollar Singapura yang dikeluarkan tahun 1973. Bertahun-tahun warga terbiasa berbelanja dengan uang nominal besar ini. Nilai mata uang itu sekarang setara deangan 6.000 Euro. Singapura menariknya dari peredaran tahun 2004 untuk meredam kasus pencucian uang.

3. Uang Kertas Paling Kecil

Uang Kertas Paling Kecil
Uang Kertas Rumania dengan nominal 10 Bani menjadi alat pembayaran sah dengan ukuran paling kecil sedunia. Besarnya hanya 27,5 X 38 milimeter atau hanya seukuran perangko. Uang yang diedarkan tahun 1917 saat perang dunia pertama ini, dibuat sedemikian kecil karena bahan mentahnya sulit diperoleh akibat perang. (foto: simbol mata uang Rumania)

4. Dibatasi Hanya Sampai 100

Dibatasi Hanya Sampai 100
Cina membatasi nominal mata uang terbesarnya hanya pada angka 100 Yuan. Keuntungannya, pencucian uang jadi sulit. Kerugiannya, untuk membeli produk berharga mahal, orang harus membawa uang berkoper-koper. Karena warga Cina terbiasa membeli barang secara kontan, orang yang membawa uang sekoper penuh juga sudah jadi pemandangan biasa.

5. Berteknologi paling Tinggi

Berteknologi paling Tinggi
Mata uang Euro terbaru dengan nominal 50 dipromosikan menjadi yang berteknologi paling tinggi. Sulit dipalsukan, tidak mengandung lemak hewan, tahan suhu mesin cuci hingga 90 derajat dan tidak luntur oleh bahan kimia agresif. Mata uang Euro bernominal 50 ke bawah paling banyak dipakai konsumen. Sementara nominal besar 200 hingga 500 Euro lebih banyak disimpan di bank.

6. Uang Virtual

BitCoins Uang Virtual
Bitcoins adalah uang virtual yang digunakan dalam transaksi internet. Pertama diluncurkan 2008 oleh Satoshi Nakamoto, citra Bitcoin cukup lama terpuruk, karena banyak digunakan di Darknet untuk membeli barang haram. Sekaran citranya membaik, dan digunakan dengan mengacu pada kurs mata uang resmi. Transaksi mata uang ini menggunakan teknik kriptografi.

Baca Juga :
  1. Astaga, Ternyata Begini Kisah Nenek Supini Yang Viral, Diduga Dipaksa Mengemis Oleh Cucunya
  2. Astaga Ngeri, Ternyata 1 Anak Dihargai 5 Miliar di Pasar Gelap, Polisi Sedang Selidiki Kasus Ini
  3. [VIDEO] Gempar Seorang Penumpang Pesawat Merekam Benda Misterius Dibalik Awan
  4. Belikan Sepatu Anak Tunawisma, Kisah Pria Baik Hati Ini Sangat Menginspirasi
  5. Ternyata Terlalu Sering Menggunakan Smartphone Bisa Menyebabkan Leher Berkerut!

(Ref: sandk, catatansandk.net, dw, wikipedia, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.