Banyak Orang Yang Tidak Tahu, Ternyata Begini Wajah Patung Tugu Pancoran yang Sebenarnya

Monumen Patung Dirgantara atau lebih dikenal dengan nama Patung Pancoran adalah salah satu monumen patung yang terdapat di Jakarta. Letak monumen ini berada di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Tepat di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara yang dulunya merupakan Markas Besar TNI Angkatan Udara. Posisinya yang strategis karena merupakan pintu gerbang menuju Jakarta bagi para pendatang yang baru saja mendarat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Selama ini, jarang ada yang melihat bagaimana rupa asli Patung Pancoran. Mungkin karena kurangnya dokumentasi foto maupun video yang mengambil gambar dari arah depan. Foto-foto yang umum kita lihat di internet maupun di buku-buku sejarah, hanya dari samping dan bawah.

Patung Pancoran dilihat dari dekat. Foto: (Instagram/@ryu_rudy)

Patung yang dipahat oleh Edhi Sunarso itu, sejatinya memang tidak menggambarkan satu sosok pahlawan sehingga wajahnya perlu dikenang. Melainkan lebih kepada lambang keperkasaan bangsa Indonesia, khususnya di bidang dirgantara.

Selain itu, letak patung yang berada di ketinggian 27 meter juga tidak memungkinkan orang-orang untuk melihat wajah Patung Pancoran secara langsung.

Namun bertepatan dengan HUT TNI-AU ke-71 yang jatuh pada 9 April lalu, foto wajah Patung Pancoran beredar di media sosial. Rupanya, foto wajah Patung Pancoran itu cukup menyita perhatian masyarakat.

Foto wajah Patung Pancoran pertama kali diunggah di akun Instagram @ryu_rudy. Lengkap dengan caption sejarah dibuatnya Patung Pancoran. Pose patung merupakan hasil peragaan dari Presiden Soekarno sebagai wujud keperkasaan bangsa Indonesia dengan sifat-sifat jujur, berani, dan bersemangat.

Kontan saja, foto wajah Patung Pancoran itu mendapat respons dari netizen. Kebanyakan dari mereka, tidak pernah mengetahui wajah asli Patung Pancoran. Sejak diunggah, foto itu telah disukai 1.000 orang lebih.


Baca Juga :

  1. Hii Mengerikan, Wajah Nelayan Ini Tertembus Harpun Saat Memancing
  2. Menegangkan, Inilah Detik-detik Eskalator Mendadak Berbalik Arah, 18 Orang Terluka
  3. Mengejutkan! 5 Fakta di Balik Tren Mukbang Yang Berasal Dari Korea Selatan!
  4. 7 Kebiasaan Sepele Ini Secara Tidak Langsung Mengancam Kesehatanmu!
  5. Sebelum Terlambat, Yuk Kenali Gejala Kekebalan tubuhmu Menurun! 

(ref: sandk, catatansandk.net, liputan6, wikipedia, Instagram/@ryu_rudy)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.