Inilah 7 Bisnis Hitam Paling Menguntungkan di Dunia

Seperti kita ketahui Pasar gelap ialah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tak sah. 

Barang-barangnya sendiri bisa ilegal, seperti penjualan senjata atau obat-obatan terlarang; barang dagangan bisa curian; atau barang dagangan barangkali sebaliknya merupakan barang resmi yang dijual secara gelap untuk menghindari pembayaran pajak atau syarat lisensi, seperti rokok atau senjata api tak terdaftar. 

Disebut demikian karena urusan "ekonomi gelap" atau "pasar gelap" dilakukan di luar hukum, dan perlu diadakan "dalam kegelapan", di luar penglihatan hukum. Pasar gelap dikatakan berkembang saat pembatasan tempat negara pada produksi atau syarat barang dan layanan yang berasal dari konflik dengan permintaan pasar.

Selama 2016 jaringan kriminal internasional meraup keuntungan sebesar 870 miliar Dollar AS atau sekitar 11.500 triliun Rupiah dari berbagai bisnis gelap di seluruh dunia. Inilah daftarnya menurut OECD.

1. Pemalsuan

Pemalsuan
Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) mencatat keuntungan dari industri plagiasi di seluruh dunia tahun 2016 mencapai 460 miliar Dollar AS, hampir dua kali lipat APBN tahunan Indonesia. Lebih dari 62% produk palsu berasal dari Cina dan merek AS adalah yang paling sering dibajak, terutama Nike dan Apple.

2. Narkoba

Narkoba
Perdagangan narkotika dan obat-obatan terlarang menduduki peringkat dua dalam daftar bisnis hitam paling menguntungkan dengan omset senilai 320 miliar Dollar AS pada 2016 silam. Menurut laporan badan PBB untuk narkoba dan tindak kriminal (UNODC) Afghanistan, Kolombia dan Meksiko adalah negara yang paling banyak memproduksi narkoba.

3. Perdagangan Manusia

Pedagangan Manusia
Penyelundupan pengungsi, prostitusi, penjualan organ tubuh atau praktik kerja paksa mendatangkan hingga 150 miliar Dollar AS atau hampir mencapai 2.000 triliun Rupiah tahun 2016 lalu. Bangladesh, Brazil, Haiti dan Pakistan adalah negara yang mencatat angka kejahatan perdagangan manusia tertinggi di dunia.

4. Rokok Selundupan

Rokok Selundupan
Tingginya harga cukai rokok di banyak negara mendorong penduduk beralih ke barang selundupan. Tahun 2016 lalu nilai perdagangan rokok ilegal di seluruh dunia mencapai 40 miliar Dollar AS atau lebih dari 500 triliun Rupiah. Angka tersebut juga berarti nilai pajak yang luput dari kas pemerintah.

5. Perdagangan Hewan Langka

Perdagangan hewan langka
Bisnis satwa adalah industri besar yang melibatkan jejaring kriminal internasional. Tidak heran jika OECD menempatkan perdagangan hewan langka di urutan ke lima daftar bisnis gelap paling menguntungkan. Nilai transaksinya tahun 2016 lalu berkisar antara 8 hhingga 20 miliar US Dollar. Gading gajah dan satwa langka seperti Orangutan atau Harimau termasuk yang paling diincar pemburu.

6. Emas Ilegal

Emas Ilegal
Ketika penambangan emas ilegal di Asia cendrung merusak lingkungan, di Afrika bisnis gelap tersebut digunakan oleh kelompok bersenjata sebagai sumber uang demi mengobar perang. Nilai perdagangan emas ilegal menurut OECD mencapai 2,3 miliar Dollar AS tahun 2016.

7. Intan Berdarah

Intan Berdarah
Sejak ketatnya regulasi perdagangan intan, tambang intan ilegal yang dulu menjamur di Afrika dan membiayai perang dan pembantaian di Sierra Leone, Kongo atau Angola, kini jauh berkurang. Tahun lalu nilai perdagangan intan ditaksir hanya mencapai 900 juta Dollar AS. Namun begitu intan hingga kini masih menebar perang dan nestapa di negara-negara Afrika tengah.

Baca Juga :
  1. Masya Allah, Inilah Kitab yang Diterima Manusia Ketika Menjalani Pengadilan Setelah Kiamat
  2. Kisah Kakek Abdullah Al Asiri Yang Setiap Hari Merangkak Menuju Ke Masjid Untuk Melaksanakan Shalat Berjamaah
  3. Inilah Misteri Kelereng Setan yang Terbentuk Dari Rambut Iblis
  4. 10 Lokasi Paling Menarik Sekaligus Misterius Namun Sangat Terlarang Bagi Wisatawan
  5. Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Sedang Tertidur? Ini Jawabannya..

(Ref: sandk, catatansandk.net, dw, OECD, UNODC)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.