Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular atau Tertusuk Benda Berkarat!

Tak ada yang bisa menebak kapan kejadian buruk menimpa diri Anda, namun tak ada salahnya untuk berjaga-jaga bila suatu saat Anda sampai digigit ular berbisa, lipan, kalajengking sampai takut terkena infeksi berbahaya jika tersusuk benda tajam yang berkarat.

Seperti kita ketahui Bisa ular merupakan senyawa kimiawi yang diproduksi oleh kelenjar khusus dari sejumlah spesies ular tertentu yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa dan mempertahankan diri. 

Kelenjar yang mensekresikan zootoksin merupakan modifikasi kelenjar parotis vertebrata lain, dan bisanya terletak di setiap sisi kepala di bawah dan di belakang mata, terbungkus selubung otot. Kelenjar ini diperlengkapi dengan alveolus besar di mana bisa disimpan sebelum disalurkan melalui sebuah duktus ke dasar taring bersaluran atau tubular yang dari situ racun dikeluarkan. 

Pertolongan pertama Jika tergigit ular ataupun terkena benda berkarat
Bisa ular merupakan gabungan sejumlah protein dan enzim yang berbeda. Banyak dari protein itu yang tak berbahaya bagi manusia, namun beberapa protein beracun.

Nah, sebelum kejadian tak diinginkan terjadi pada diri Anda sendiri atau orang lain karena insiden di atas tersebut yang mampu merenggut nyawa seseorang. Sebaiknya Anda mengetahui bagaimana melakukan tindakan pertolongan pertama untuk mencegah racun berbahaya menyebar pada tubuh karena kejadian di atas.

Dan berikut cara melakukan pertolongan pertama agar racun tak menyebar luas pada tubuh:
  1. Pertama sediakanlah minyak goreng bersih sebanyak 1 sendok makan
  2. Lalu ambil kain perca kemudian robek dalam ukuran agak besar kain/baju yang sudah tidak layak pakai yang bahannya dari benang atau kapas. Jangan memakai kain berbahan nilon.
  3. Sediakan satu buah korek api.
  4. Gulung kain perca, kemudian celupkan ujungnya kedalam minyak goreng. Kemudian bakar bagian yang basah oleh minyak. Biarkan beberapa saat sampai api menyala, kemudian cambukan pelan-pelan kebagian yang digigit atau yang luka oleh benda berkarat. Cambukkan pada luka sebanyak 8 – 10 kali, jangan lebih dari 10 kali, karena bisa menyebabkan luka bakar.
  5. Setelah Anda melakukan pertolongan pertama, sebaiknya bawa orang tersebut ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut.
Jadi jika sudah tau jangan dulu panik yak..

Baca Juga :

(ref: sandk, catatansandk.net, sooperboy, berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.